Hingga Selasa, pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung total 11.078

id COVID-19,Wuhan,Dinkes,Lampung,Corona Lampung

Hingga Selasa, pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung total 11.078

Salah seorang pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung sedang mencoba mendonorkan plasma konvalesen nya di UTD PMI, Selasa. (2/3/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat bahwa pasien sembuh dari COVID-19 di wilayahnya terus bertambah menjadi 11.078 setelah ada tambahan 72 orang dinyatakan selesai isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, di Bandarlampung, Selasa, menyebutkan bahwa ke 72 pasien sembuh COVID-19 tersebut merupakan warga dari sembilan kabupaten/kota.

"Kota Bandarlampung terdapat 20 pasien sembuh, Kabupaten Lampung Tengah 14 orang sembuh, delapan pasien sembuh dari Lampung Barat, Lampung Selatan tujuh, Lampung Timur 7, Pringsewu enam, Kota Metro 5, Kabupaten Tulangbawang 4 dan Tulangbawang Barat satu," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa dengan penambahan pasien sembuh sebanyak 72 orang tersebut saat ini angka kesembuhan COVID-19 di Lampung berada di 87,52 persen, meski begitu masyarakat masih tetap harus berhati-hati dan waspada serta disiplin menerapkan protokol kesehatan sebab pandemi ini masih belum berakhir.

"Pandemi COVID-19 di Lampung masih belum sepenuhnya terkendali sebab tingkat reproduksi efektif penyebaran virus ini dalam dua pekan terakhir masih berfluktuasi dari 0,21 sampai dengan 0,85," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, selain terdapat penambahan pasien sembuh, kasus konfirmasi positif COVID-19 di Lampung pun kembali bertambah 50 pasien sehingga sampai saat ini jumlah orang yang sudah terinfeksi oleh virus corona berjumlah 12.658.

"50 pasien COVID-19 baru ini merupakan warga dari 11 kabupaten/kota, dengan rincian pasien dari Kota Bandarlampung berjumlah 10 orang, Kabupaten Lampung 19 orang, dan Pringsewu enam orang," kata dia.

Kemudian, pasien positif COVID-19 dari Kabupaten Lampung Timur 4 orang, Kota Metro empat orang, Kabupaten Tanggamus dua orang, Lampung Barat satu, Lampung Utara 1, Lampung Selatan satu, Tulangbawang Barat satu dan Mesuji satu kasus.

"Dari 50 pasien positif COVID-19 ini 42 orang merupakan kasus baru, delapan lainnya merupakan hasil penelusuran (tracing), namun karena banyak diantara pasien ini dengan keadaan sehat maka 26 pasien menjalani isolasi mandiri dan 24 diantaranya dilakukan perawatan," ujarnya.

Sedangkan, lanjut dia, sejauh ini kasus kematian akibat terinfeksi virus corona di Lampung telah mencapai angka 662 setelah terdapat delapan pasien yang meninggal dunia.

"Delapan pasien COVID-19 yang meninggal dunia tersebut masing-masing berasal dari Kabupaten Lampung Tengah Empat orang, Kota Bandarlampung satu orang, Metro satu orang, Kabupaten Pringsewu satu dan Pesawaran satu orang," kata dia.

 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar