Liga Europa: Roma melaju, PSV disingkirkan Olympiakos

id liga europa,as roma,olympiakos,psv,dinamo zagreb,dynamo kiev

Liga Europa: Roma melaju, PSV disingkirkan Olympiakos

Penyerang AS Roma Edin Dzeko (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Braga dalam leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (25/2/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma melaju ke babak 16 besar Liga Europa ketika PSV Eindhoven disingkirkan oleh Olympiakos meski memenangi pertandingan leg kedua 32 besar yang berlangsung Jumat dini hari WIB.

Roma yang menjamu Braga di Stadion Olimpico, Italia, meraih kemenangan 3-1 atas wakil Portugal itu, demi meraih tiket 16 besar dengan skor agregat 5-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Edin Dzeko, yang baru-baru ini dicopot dari jabatan kapten Roma, membawa tim ibu kota Italia itu memimpin pada menit ke-23 dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Stephan El Shaarawy yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Tiago Sa.

Lorenzo Pellegrini membuang kesempatan untuk menggandakan keunggulan Roma pada menit ke-72 setelah eksekusi penaltinya melenceng, tetapi dua menit kemudian ia membayar kesalahannya dengan mengirim umpan yang diselesaikan Carles Perez untuk membuat timnya unggul 2-0 atas Braga.

Bryan Cristante menghadiahi gol hiburan bagi Braga pada menit ke-87 saat ia mencetak gol bunuh diri, tetapi Borja Mayoral melengkapi kemenangan Roma menjadi 3-1 semenit memasuki injury time lewat sontekan jarak dekat menyambut umpan Leonardo Spinazzola.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, tuan rumah PSV dihadapkan pada tugas untuk membalikkan agregat setelah kalah 2-4 dari Olympiakos di leg pertama sepekan lalu.

Eran Zahavi mengemas dua gol untuk membawa PSV memimpin 2-0 sebelum turun minum melalui sundulan dan eksekusi tendangan bebasnya. Skor itu cukup untuk membuat PSV lolos ke babak 16 besar berbekal agresivitas gol tandang.

Namun, dua menit jelang bubaran waktu normal Olympiakos justru berhasil mencetak gol balasan lewat Ahmed Hassan yang menyambar bola muntah hasil tembakan Youssef El-Arabi.

Skor 1-2 bertahan hingga bubaran, memastikan Olypiakos lolos ke babak 16 besar dengan agregat 5-4 atas PSV.

Di pertandingan lainnya, Dynamo Kiev berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Club Brugge dalam lawatan ke Stadion Jan Breydel, Belgia, berkat gol larut Vitalii Buyalskyi untuk meloloskan diri dengan skor agregat 2-1.

Sedangkan wakil Kroasia, Dinamo Zagreb, melengkapi kemenangan 3-2 yang mereka raih di leg pertama dengan menundukkan Krasnodar 1-0 di Stadion Maksimir.

Gol tunggal Mislav Orsic pada menit ke-31 memantapkan agregat 4-2 yang jadi bekal Zagreb melanjutkan langkah ke babak 16 besar.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar