BMKG perkirakan curah hujan tinggi terjadi di wilayah Lampung

id BMKG Lampung, curah hujan tinggi, bencana hidrometeorologi, cuaca ekstrem

BMKG perkirakan curah hujan tinggi terjadi di wilayah Lampung

Ilustrasi- Hujan intensitas lebat yang terjadi di Kota Bandarlampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan tinggi masih  melanda sebagian wilayah Lampung selama beberapa hari ke depan, sehingga warga diminta untuk tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi.

"Curah hujan masih tinggi di sebagian besar wilayah Lampung, sebab prediksi puncak musim penghujan pada bulan Januari hingga Februari ini," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Radin Inten II Lampung Rudi Harianto, saat di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan hujan intensitas lebat terjadi akibat adanya peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan konvektif dengan jenis Cumulus padat dan Cumulonimbus.

"Awan Cumulonimbus ada di hampir semua wilayah Lampung dengan penguatan menggumpal sehingga menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat, serta angin kencang," ujarnya.

Menurutnya, dengan perkiraan cuaca tersebut masyarakat diharapkan untuk lebih waspada terhadap adanya bencana hidrometeorologi.

"Untuk masyarakat yang wilayahnya memiliki histori lingkungan banjir, tanah longsor, puting beliung dapat lebih berhati-hati dan siap siaga," katanya lagi.

Ia mengatakan kewaspadaan dan kehati-hatian juga berlaku bagi para nelayan yang menggunakan kapal ukuran kecil hingga sedang, atas adanya gelombang tinggi.

"Kita imbau nelayan pun perlu memperhitungkan info BMKG sebab gelombang tinggi sekitar 4 hingga 6 meter di bagian barat dan 3 hingga 4 meter di bagian selatan masih akan terjadi," ucapnya.