Pemprov Lampung minta tempat wisata siapkan satgas khusus

id Corona Lampung, COVID Lampung, jelang akhir tahun

Pemprov Lampung minta tempat wisata siapkan satgas khusus

Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana saat memberikan keterangan. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung meminta pengelola tempat wisata di Lampung untuk mempersiapkan satuan tugas khusus untuk melalukan pengawasan penerapan protokol kesehatan selama libur akhir tahun.

"Memang telah ada beberapa kabupaten/kota yang menutup tempat wisata, namun bagi yang masih membuka operasional harus mempersiapkan satgas khusus," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan satuan tugas khusus yang berjaga di objek wisata bertujuan untuk menjaga penerapan protokol kesehatan di objek wisata.

"Harus membuat sejenis tim satuan tugas khusus, sebab kalau tempat wisata memilih membuka operasional mereka harus bertanggung jawab menjaga pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, perlakuan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata selama libur akhir tahun harus diperhatikan untuk mencegah adanya penyebaran COVID-19.

"Sebaiknya jika ada pengunjung memiliki suhu lebih dari 37,5 derajat Celsius harus diminta istirahat terlebih dahulu dan seharusnya disediakan tempat untuk pengunjung tersebut," ucapnya.

Diketahui selama libur akhir tahun pada 31 Desember hingga 2 Januari 2021 sejumlah kabupaten menutup sementara operasional objek wisata meski ada pula yang tetap membuka operasional, namun dengan protokol kesehatan.