Pemkot Bandarlampung raih penghargaaan kota sangat inovatif dari Kemendagri

id Pemkot Bandarlampung,Bappeda,Kota terinovatif,Wali Kota,Kemdagri

Pemkot Bandarlampung raih penghargaaan kota sangat inovatif dari Kemendagri

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandarlampung Khaidarmansyah, di Bandarlampung, Minggu. (20/12/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Prestasi ini memang belum maksimal, untuk tahun depan kami akan berusaha lebih baik lagi, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandar Lampung menerima penghargaan kategori kota sangat inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Republik Indonesia.

"Penghargaan ini diberikan oleh Kemendagri kepada pemerintah daerah yang melakukan pengiputan Indeks Inovasi Daerah (IID) dan selanjutnya diikutsertakan dalam ajang IGA 2020," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandarlampung Khaidarmansyah, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Bandarlampung tahun tahun 2020 ini berupaya untuk berperan aktif mengikuti ajang tersebut walaupun di tengah pandemi COVID-19 19 dan keterbatasan anggaran.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung minta pengusaha hotel dan kafe tak bikin acara hiburan

"Syukur alhamdulillah Pemerintah Kota Bandarlampung berhasil mengikutsertakan 18 jenis inovasi daerah dengan skor indeks inovasi daerah sebesar 2.501," kata dia.

Ia menyebutkan adapun jenis inovasi yang diikutsertakan dalam ajang ini, yakni video inovasi pelayanan publik di era normal baru (new normal) seperti hotel dan pasar modern atau tradisional C-19, rumah makan (restorant) serta Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP).

Kemudian, lanjut dia, sistem basis data Kependudukan dan Jaminan Kesehatan (Sibadakjasa), implementasi smart city Kota Bandarlampung, pusat kesehatan hewan terpadu dan informasi produk industri kecil menengah  (IKM).

Baca juga: Herman HN minta aparat beri pengertian warga Bandarlampung tidak berkerumun

"Prestasi ini memang belum maksimal, untuk tahun depan kami akan berusaha lebih baik lagi," kata dia.

Menurutnya, masih banyak kegiatan inovatif yang belum teridentifikasi dengan baik. Masih perlu kerja keras dari seluruh stakeholder Kota Bandarlampung. 

"Semoga di ajang IGA 2021 Bandarlampung bisa meraih penghargaan sebagai salah satu kota terinovatif kembali," kata dia