Gubernur Lampung dorong pembangunan kawasan pariwisata terintegrasi pelabuhan

id gubernur lampung arinal, pariwisata lampung, pelabuhan bakauheni, wisata terpadu

Gubernur Lampung dorong pembangunan kawasan pariwisata terintegrasi pelabuhan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung  Arinal Djunaidi mendukung dan mendorong pembangunan kawasan pariwisata yang terintegrasi ke pelabuhan di Bakauheni agar menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia.
.
"Di Bakauheni nantinya akan dibangun perhotelan, mal, pusat UMKM dengan produk lokal, dan kebun raya, diharapkan pada 2022 sudah dapat dibuka untuk wisatawan baik nasional maupun unternasional," ujar Arinal, pada diskusi kebangkitan industri pariwisata, di Bandarlampung,  Jumat. 

Ia menyebutkan dengan dukungan infrastruktur yang bagus, diharapkan industri pariwisata dapat berkembang dengan baik.

Karena itu,  pihaknya segera mengembangkan kawasan wisata terpadu Bakauheni, Lampung Selatan yang terintegrasi dengan pelabuhan penyeberangan.

"Penyeberangan dan pariwisata menjadi bagian yang berkaitan erat dan dapat dikembangkan secara maksimal, sehingga memberikan nilai positif bagi pengembangan industri pariwisata dan sektor lain khususnya membangun perekonomian di Provinsi Lampung," kata Arinal.

Di sisi lain, Gubernur Lampung itu menjelaskan bahwa rata-rata 20.000 orang melintasi Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Bakauheni dan sebaliknya dalam sehari, namun hal tersebut hanya menyentuh sektor perhubungan.

"Dengan adanya Kawasan Wisata Terpadu Bakauheni Harbour City, saya berharap pada masa yang akan datang tidak hanya sektor perhubungan, tapi juga dapat menyentuh sektor pariwisata dari perlintasan orang yang menyeberang," katanya.

Ia mengharapkan dari 20 ribu penumpang tersebut sedikitnya ada sekitar 10 persennya yang singgah di kawasan wisata terpadu ini setiap harinya.

Arinal juga mengharapkan adanya kegiatan diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan dapat menjadi sarana untuk berdiskusi guna meningkatkan Pembangunan di Provinsi Lampung khususnya di sektor pariwisata.

 Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat, mengungkapkan bahwa tema yang diusung pada diskusi kali ini adalah "Lampung Tourism Reborn", tema tersebut diangkat untuk mendorong pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

Taufik juga menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan pada hari ini adalah untuk menyosialisasikan kebijakan ekonomi dan memperkuat sinergi antara pemerintah dan dunia usaha pariwisata dalam tatanan baru produktif dan aman COVID-19.