Dirlantas Polda Lampung meminta pengemudi patuhi protokol kesehatan

id dirlantas polda lampung, operasi patuh krakatau, protokol kesehatan, covid-19

Dirlantas Polda Lampung meminta pengemudi patuhi protokol kesehatan

DirlantasĀ Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik. (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik meminta para pengemudi kendaraan bermotor untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

"Kami akan menggelar Operasi Patuh Krakatau 2020 selama 14 hari dan pengguna jalan diminta mematuhi peraturan lalu lintas dengan memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi ini guna memutus mata rantai COVID-19," kata Dirlantas Polda Lampung itu di Bandarlampung, Rabu.

Polda Lampung, lanjut dia, segera menggelar operasi patuh yang akan dimulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus untuk meningkatkan kepatuhan pengendara kendaraan bermotor.

Baca juga: Polisi tahan pegawai UPT P2TP2A Lampung Timur

Ia menjelaskan, operasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan para pengguna jalan dan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi ini guna memutus mata rantai COVID-19.

Menurutnya, selain memeriksa kelengkapan kendaraan, kepatuhan pengendara serta surat-surat kendaraan, polisi juga akan memberikan edukasi agar pengendara menerapkan protokol kesehatan dalam berkendara, seperti memakai masker, penerapan physical distancing (jaga jarak).

Selain itu, kapasitas kendaraan juga harus tidak lebih dari 50 persen daya tampung penumpangnya.

Baca juga: Pelaku perampokan mengaku anggota polisi ditangkap Sat Reskrim Polres Belawan

Dony mengatakan bahwa pengemudi sepeda motor diharuskan menggunakan masker, begitu juga pengendara mobil maupun penumpang juga harus mematuhi protokol kesehatan.

"Dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini, tindakan yang akan dilakukan dalam Operasi Patuh Krakatau 2020 yaitu bersifat preemtif (edukasi) 40 persen, preventif 40 persen dan represif atau penindakan hukum 20 persen dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujar Donny.

Dirlantas Polda Lampung itu berharap melalui operasi patuh ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan ketertiban berlalu lintas pengguna jalan di Provinsi Lampung.

"Selain itu protokol kesehatan juga harus dipatuhi pengguna jalan," tambahnya.

Baca juga: Jokowi sebut tantangan kejahatan yang dihadapi polisi sangat berat