Dinkes : Empat pasien baru positif COVID-19 tanpa gejala

id COVID-19,Wuhan

Dinkes : Empat pasien baru positif COVID-19 tanpa gejala

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Reihana. Senin.(30/3/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan empat pasien positif COVID-19 yang baru terkonfirmasi mereka tidak menimbulkan gejala, demam, pilek dan batuk.

"Dengan bertambahnya empat pasien baru tersebut saat ini sudah ada delapan pasien positif COVID-19 di Lampung, satu pasien meninggal dunia hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, ke empat orang yang positif virus ini merupakan hasil penelusuran (tracing) dari salah satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

"Jadi ini bukanlah kasus transmisi lokal walau tidak menimbulkan gejala, namun hasil tracing dari pasien positif COVID-19 terdahulu," kata dia.
 

Perlu diketahui, kasus ke empat pasien ini merupakan orang-orang yang antibodinya sudah terbentuk sehingga ketika mereka positif COVID-19 tidak menimbulkan gejala seperti kebanyakannya.

"Saat ini mereka tidak kami rawat di rumah sakit rujukan tapi kami anjurkan mereka mengisolasi mandiri di rumah masing-masing," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tersebut mengatakan saat mereka mengarantina mandiri tetap akan dipantau oleh petugas surveillance yang akan mendatangi rumah mereka untuk diedukasi dan proses itu juga keluarga yang bersangkutan akan ikut memantau perkembangan pasien.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah melakukan tracing dari pasien positif 02 sebanyak 15 orang, kemudian dari penelusuran pasien 03 didapatkan 60 orang.

Sedangkan, untuk pasien positif 04, pihaknya melakukan tracing dari 9 hingga 23 orang dan untuk pasien 01 setelah dilakukan penelusuran ke keluarga dekatnya semuanya negatif.*

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar