BMKG: Waspadai peningkatan curah hujan di Lampung

id bmkg,curah hujan

BMKG: Waspadai peningkatan curah hujan di Lampung

BMKG (ANTARA/HO-BMKG)

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Lampung. 

Dalam laman Twitter resminya, BMKG memprediksi terjadinya peningkatan curah hujan di Indonesia bagian barat karena adanya gelombang atmosfer (Rosbby Equator) yang terdapat di sebagian Sumatera, Selat Karimata, Laut Jawa bagian Utara, dan adanya sirkulasi siklonik di perairan sebelah barat Sumatera.

"Kedua hal tersebut menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bagian barat sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan," tulis BMKG dalam laman Twitter resminya, Senin.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinyu disertai petir terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat.

Selanjutnya ada wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. BMKG pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," jelas BMKG.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini cuaca dapat menghubungi layanan 24 jam BMKG melalui call center 021-6546315/18.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar