Pemprov Kepri-TNI bangun Tugu Taman Dirgantara di Pulau Dompak Tanjungpinang

id Tugu taman dirgantara

Pemprov Kepri-TNI bangun Tugu Taman Dirgantara di Pulau Dompak Tanjungpinang

Ilustrasi - TNI sedang latihan tempur. (antaranews.com)

Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksdya TNI Yudo Margono melakukan rapat persiapan rencana pembangunan Tugu Taman Dirgantara Dompak, di Gedung A Lantai 4 Pulau Dompak, Tanjungpinang, Jumat (17/1).

Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksdya TNI Yudo Margono melakukan rapat persiapan rencana pembangunan Tugu Taman Dirgantara Dompak, di Gedung A Lantai 4 Pulau Dompak, Tanjungpinang, Jumat (17/1).

Dalam pemaparan tersebut, Isdianto berharap TNI dan Pemprov Kepri dapat menyiapkan bahan-bahan bersama, agar pekerjaan pembangunan tugu ini nantinya sesuai dan matang seperti yang diinginkan.

"Dinas PUPR Kepri dapat segera berkoordinasi dengan pihak TNI, agar gambar yang dibuat dan direncanakan sesuai dengan yang akan dipajangkan," ungkap Isdianto.
Baca juga: Plt Gubernur Kepri usulkan Natuna kawasan khusus pariwisata, pantainya menawan

Dia meminta kedua belah terus menjalin komunikasi dengan menyatukan semua unsur elemen supaya pekerjaan sesuai dengan mekanisme yang baik dan maksimal.

"Dengan bersatu, apa pun yang kita rencanakan pasti maksimal jadinya," ucap Isdianto.

Sementara itu, Panglima Kogabwilhan I, Laksdya TNI Yudo Margono bersama Dinas PUPR memaparkan rencana pembangunan tersebut. Master plan-nya berupa skematik, ilustrasi dan atraksi.

"Adapun tema rencana yang sudah disiapkan ialah Taman Tri Dharma Yudha Sakti yang unsurnya TNI-AL, TNI-AD, dan TNI-AU," ujar Pangkogabwilhan I.

Lebih lanjut, ia menyebut taman Dirgantara tersebut akan diletakkan pesawat F5 yang panjang 14,6 meter, yang nantinya akan memakai hidrolik dan bisa bergerak sampai 300 derajat untuk berputar dengan diameter bundaran 100 meter.

"Nantinya akan disinkronisasi lagi bersama dalam penetapan apa yang akan di bangunkan. Karena adanya rencana pembangunan tersebut akan di letakkan kendaraan Tank dan Replika Kapal KRI TNI AL," katanya menegaskan.
Baca juga: Pemprov Kepri ajukan pulau penyangga jadi KEK pariwisata

Dia menambahkan pemilihan Pulau Dompak sebagai lokasi pembangunan Tugu Taman Dirgantara dikarenakan di lokasi yang sama juga akan dibangun Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Makoganwilhan I) yang rencananya mulai dibangun 2020 ini.

"Makogabwilhan hanya ada tiga di Indonesia. Salah satunya Pulau Dompak, Kepulauan Riau," ucap Yudo.

 


 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar