Presiden Jokowi dijadwalkan resmikan ruas tol terpanjang hari ini

id presiden jokowi, resmikan jtts,jalan tol lampung, tol pematang panggang,ruas JTTS

Presiden Jokowi dijadwalkan resmikan ruas tol terpanjang hari ini

Gerbang tol Pematang Panggang Kabupaten Mesuji, Lampung

"Jalan tol ini memiliki panjang 189 km dan akan menjadi ruas jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.
Bandarlampung (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Jumat ini dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dari Provinsi Lampung ke Sumatera Selatan yang terpanjang di Tanah Air. 

"Jalan tol ini memiliki panjang 189 km dan akan menjadi ruas jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Jumat.
Baca juga: Menteri BUMN targetkan ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung selesai akhir September

Pihaknya bersama Forkopimda telah melakukan rapat pemantapan menjelang peresmian ruas JTTS itu.

Ia menjelaskan, JTTS ini akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan lokasi peresmian dipusatkan di Gerbang Tol Simpang Pematang Km 240, Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Lampung. 

Arinal mengatakan, pihaknya bersama Korem 043/Gatam dan Polda Lampung serta pihak dari Istana telah melakukan pengamanan lokasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk lebih memantapkan persiapan.

"Hingga Kamis (14/11) malam kami terus melakukan pemantapan dan koordinasi, sehingga peresmian jalan tol ini berjalan sukses tanpa hambatan," ujar Gubernur Arinal.
Baca juga: PT HK Targetkan 12 rest area ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar selesai akhir Oktober

Pemprov Lampung telah melakukan rapat dengan melibatkan para bupati/wali kota, lurah dan kepala desa, ASN, dan masyarakat Kabupaten Mesuji serta tokoh-tokoh masyarakat.

Menurut Arinal, peresmian ini akan juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi diagendakan take off dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 08.00 WIB dan tiba di Bandara Radin Inten II Lampung sekitar pukul 08.45 WIB. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi menggunakan helikopter menuju lokasi peresmian pukul 09.00 WIB. Peresmian direncanakan akan dilakukan pukul 10.20 WIB.
Baca juga: Ruas tol Terbanggibesar-Kayuagung siap diresmikan bulan depan

Selain peresmian ruas JTTS itu, Presiden Jokowi akan melakukan Shalat Jumat di Masjid Agung Al Muhajirin di Simpang Pematang dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.