Tokoh muda suku Dayak ajak lestarikan budaya leluhur

id Festival budaya Kayaan Mendalam

Tokoh muda suku Dayak ajak lestarikan budaya leluhur

Seorang ibu Suku Dayak Kayaan Mendalaam menyambut para pejabat Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan adat istiadat suku Dayak Kayaan, pada pembukaan Festival Budaya Kayaan Mendalam di Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/Timotius

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Tokoh muda suku Dayak Kayaan Mendalam wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan mengaku bangga dengan seni budaya peninggalan para leluhur yang perlu terus dilestarikan kepada generasi muda.
 
"Sebagai generasi muda kita harus bangga dan lestarikan seni budaya leluhur," kata Fransiskus Diaan saat penutupan Festival Budaya Kayaan Mendalam, di Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu.
 
Pria yang biasa disapa dengan panggilan Bang Sis itu, menyampaikan bahwa keanekaragaman seni budaya Indonesia khususnya di Kapuas Hulu merupakan suatu kebanggaan bersama.
 
Menurut dia, sebagai generasi melenia kita jangan lupa akan jati diri kita sebagai putra dan putri Kapuas Hulu.
 
" Dimana pun kita berada jangan lupakan seni dan budaya kita sebagai putra putri Kapuas Hulu, apa pun suku kita budaya leluhur harus kita lestarikan," kata Sis.
 
Selain itu, Bang Sis yang juga maju sebagai Calon Bupati Kapuas Hulu pada Pilkada tahun 2020 mendatang mengajak seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk bersama - sama menjaga rasa kebersamaan keharmonisan dari berbagai suku adat istiadat yang Kapuas Hulu miliki.
 
" Kita jangan pandang perbedaan suku mau pun agama, kita harus selalu harmonis melestarikan kebudayaan nenek moyang kita," kata Sis.
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar