Dispar Gunung Kidul terus kembangkan wisata pantai

id Pantai,Dinas pariwisata,Gunung Kidul

Dispar Gunung Kidul terus kembangkan wisata pantai

Pantai Ngandong di Kabupaten Gunung Kidul sangat indah. Hamparan pasir putih membuat suana semakin cantik. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan kawasan pantai untuk terus menarik wisatawan supaya meningkatkan kunjungan pariwisata.
Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan kawasan pantai untuk terus menarik wisatawan supaya meningkatkan kunjungan pariwisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono, Kamis, menjelaskan pengembangan pariwisata berpedoman Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah (Ripparda) Kabupaten Gunung Kidul tahun 2014-2025.

"Tahap itu ada identifikasi potensi sesuai dengan Ripparda yang ada," katanya.
Baca juga: Retribusi objek wisata Gunung Kidul capai Rp17,486 miliar

Ia mengatakan pengembangan potensi wilayah selatan seperti yang terkandung dalam Ripparda, tergantung kondisi situasi internal dan eksternal. Untuk perkembangan dari internal, saat ini di Gunung Kidul sudah semakin pesat perkembangannya. Terbukti wisatawan terus berdatangan ke kawasan pantai.

"Untuk ekternal seperti pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, dan Trans Jawa. Dinamika yang ada harus kita sikapi untuk pengembangan kepariwisataan," katanya.

Harry mengatakan pengembangan pariwisata saat ini dinamis, sehingga perlu pembahasan lebih mendalam untuk pengembangannya. Tidak hanya dari dinas pariwisata, namun juga organisasi perangkat daerah lainnya diharapkan duduk bersama untuk pengembangan pariwisata.
Baca juga: Pemkab Gunung Kidul optimistis pertahankan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu

Disinggung soal pengembangan kawasan pantai, dia mengatakan saat ini untuk Pantai Baron sedang diupayakan merampungkan DEDnya serta persiapan penunjang lainyua. Sebab, kata dia, Pantai Baron akan diubah wajahnya, perlu persiapan lahan. Untuk Pantai Drini sudah dilakukan tahap awal penataan. Tahun depan diharapkan bisa selesai.

"Untuk Pantai Krakal terus dilakukan pembangunannya," kata Harry.
Baca juga: Komunitas pemancing ajak wisatawan tak takut berwisata ke pantai di Gunung Kidul

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan Pemkab Gunung Kidul terus berupaya agar wisatawan nyaman dan betah berkunjung. Selama ini wisatawan yang datang tujuan utamanya ke kawasan pantai.

"Pemkab berupaya memperbaiki fasilitas yang ada," katanya.