ASN Lampung gelar donor darah untuk peringati HUT Kemerdekaan

id asn lampung, donor darah, hut ri,HUT Ke-74 Kemerdekaan

ASN Lampung gelar donor darah untuk peringati HUT Kemerdekaan

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov Lampung melakukan donor darah falam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, di Bandarlampung, Selasa, (13/8/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung mengikuti bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan RI di Ruang Sungkai Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung di Bandarlampung, Selasa.

"Momentum donor darah yang dimanifestasikan dalam kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, hendaknya dijadikan sebagai suatu tradisi yang positif dalam menolong sesama masyarakat, khususnya yang memerlukan pertolongan darah," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Pemprov Lampung Irwan Sihar Marpaung.

Menurut dia, sebagaimana ungkapan setetes darah menyelamatkan jiwa, donor darah adalah sesuatu yang teramat penting dan berarti bagi kehidupan seseorang.

Melalui donor darah, lanjut dia, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor. Setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Ia menjelaskan para pendonor yang telah mendonorkan darahnya 100 kali mendapatkan penghargaan dari Presiden RI, berupa Satya Lencana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela.

ASN Pemerintah Provinsi Lampung pada 2017 mendapatkan penghargaan tersebut berjumlah tujuh 7 orang. Pada 2018 sebanyak 18 orang dan pada 2019 diusulkan 10 orang.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Sekretaris Daerah Pemprov Lampung Ratna Dewi menyebutkan kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi Pemerintah Provinsi Lampung terhadap masyarakat, khususnya yang membutuhkan darah.

"Bagi peserta yang telah bersedia mendonorkan darahnya kami menyiapkan bingkisan berupa suvenir, makanan ringan, susu, dan telur," kata dia.

Baca juga: Pedagang musiman raih keuntungan dengan menjual bendera
Baca juga: Warga mempercantik desa menyambut HUT Kemerdekaan
Baca juga: Semangat generasi muda menyambut HUT Kemerdekaan