Warga mempercantik desa menyambut HUT Kemerdekaan

id Menyambut HUT RI,Desa Hanura,HUT Kemerdekaan

Sejumlah bendera beserta umbul-umbul telah terpasang rapi untuk menyambut datangnya hari kemerdekaan di Desa Hanura, Pesawaran, Senin (12/08/2019). ANTARA/Ruth Intan

Bandar Lampung (ANTARA) - Menyambut HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang, warga mempercantik desa dengan memasang bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan.

"Di sini setiap HUT RI selalu ramai dipasang bendera atau umbul-umbul, biasanya setiap rumah memasang tiga hingga lima umbul-umbul", kata Lestari, salah seorang warga Desa Hanura,Kabupaten Pesawaran,Lampung, Selasa.

Menurutnya, pemasangan bendera dan umbul-umbul di depan rumah warga telah diberitahukan sejak jauh hari, sehingga warga telah menyiapkan bambu dan bendera sejak tanggal 12 Agustus.

"Warga desa ikut serta mempercantik desa dengan sukarela, karena kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya",katanya.

Selain menyambut HUT Kemerdekaan, geliat warga mempercantik desa juga dilakukan untuk menyongsong HUT Desa Hanura pada September mendatang.

"Kegiatan mempercantik desa dilakukan selain untuk menyambut hari kemerdekaan, juga untuk mempersiapkan hari ulang tahun Desa Hanura. Jadi bendera dicopot sebentar setelah perayaan HUT RI dan dipasang kembali saat HUT Desa Hanura, namun sudah sejak sekarang warga membersihkan pekarangan", ujarnya.

Geliat warga desa menyambut HUT Kemerdekaan  tidak kalah meriah layaknya di kota besar, terbukti dengan terpasangnya berbagai bendera, umbul-umbul dan dekorasi khas hari kemerdekaan yang di pasang secara bergotong royong oleh warga.

"Meskipun warga telah memiliki bendera masing-masing, dalam mempersiapkan dan memasang dilakukan secara gotong royong antar warga desa, ajang ini juga menjadi sarana mempererat tali silaturahmi antarwarga desa", ujar Lia, salah satu warga lainnya.
 
Kegiatan mempercantik desa tidak hanya dilakukan dengan memasang bendera dan umbul-umbul, tetapi juga dengan membersihkan makam pahlawan yang terdapat di Desa Hanura.

"Menjelang HUT Kemerdekaan sejumlah warga desa juga bergotong royong membersihkan makam pahlawan meskipun sudah ada penjaga makam, karena akan ada kegiatan tabur bunga yang dilakukan oleh sanak saudara para pejuang pada perayaan HUT Kemerdekaan RI", ujarnya.

Baca juga: Gubernur Lampung : peringatan Hari Kemerdekaan RI harus meriah
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar