Kontingen Pramuka Waykanan ikuti Jambore Celebration di Thailand

id Pramuka, waykanan, wakil bupati waykanan

Kontingen Pramuka Waykanan ikuti Jambore Celebration di Thailand

Ketua Kwarcab Waykanan Edward Antony menyerahkan petaka Pramuka kepada peserta yang akan berangkat ke Thailand. (Antarapampung/Humas Waykanan)

Waykanan (ANTARA) - Ketua Kwarcab Pramuka Waykanan Edward Antony melepas kontingen Waykanan pada kegiatan The Scout Jambore Celebration for The Coronation of King Rama X  di Thailand tahun 2019, di rumah dinas wakil bupati setempat. 

"Melalui kegiatan The Scout Jamboree Celebration for The Coronation of King Rama X di Thailand 2019, peserta dapat membawa nama baik Pramuka Kabupaten Waykanan dan memperlajari serta menularkan ilmu yang didapat setelah kegiatan tersebut. Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku,"“ ujar Edward Antony, di Blambangan Umpu, Selasa.

Menurutnya, Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia tentunya harus lebih berperan aktif dalam mendidik generasi milenial dewasa ini. 

Selain itu, kegiatan ini merupakan tahun ke-3 Kwarcab Pramuka Waykanan mengirimkan kontingen ke luar negeri pada kancah bertaraf Internasional, setelah sebelumnya mengirimkan ke Malaysia dan Filipina, dan tahun ini mengirimkan ke Thailand. 

"Pramuka Waykanan akan terus konsisten mengirimkan putra-putri terbaik pada kegiatan yang bertaraf internasional," kata Edward yang juga Wakil Bupati Waykanan itu pula. 

Ia menjelaskan, keberangkatan ini bukan hanya sekadar bergembira, tetapi ada misi yang dibawa bagaimana adik-adik anggota Pramuka mampu menjadi duta Indonesia, khususnya Kabupaten Waykanan, agar mampu menceritakan daerahnya kepada peserta lainya, dan yang lebih penting ikut berperan dalam mempromosikan Kabupaten Waykanan di bidang pariwisata dan kopi sebagai komoditas unggulan yang ada. 

"Selain itu, ada hal yang menjadi kebanggaan yaitu Kontingen Kabupaten Waykanan dipercaya untuk mewakili Indonesia pada pertunjukan seni budaya yang akan menampilkan Tari Sigeh Pengunten dan beberapa kesenian tradisional Kabupaten Waykanan lainnya merupakan sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Waykanan dan juga Provinsi Lampung," ujarnya lagi.

Kwarcab Pramuka Waaykanan mengirimkan empat orang penegak Pramuka sebagai kontingen, yaitu Dela Yutiva dari SMP Negeri 1 Pakuan Ratu, Alya Nazia Hafidh Zalma dari SMA Negeri 1 Baradatu, Fahrul Bayu dari SMP Negeri 2 Gunung Labuhan, dan M Marsito dari SMA Negeri 1 Buay Bahuga yang akan diberangkatkan bersama 30 kontingen dari kabupaten lain se-Provinsi Lampung pada tanggal 13 Juni 2019 mendatang oleh Ketua Kwarda Provinsi Lampung. Kemudian akan dilepas oleh Ketua Kwarnas Pramuka Indonesia Budi Waseso di Provinsi Batam untuk mengikuti The Scout Jambore Celebration for The Coronation of King Rama X mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 20 Juni 2019 di Thailand.