Bupati Waykanan ajak lestarikan gitar tunggal

id bupati waykanan, raden adipati surya, gitar tunggal, lestarikan gitar tunggal

Bupati Waykanan ajak lestarikan gitar tunggal

Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Raden Adipati Surya (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan alat musik tradisional gitar tunggal, karena ini merupakan suatu peninggalan nenek moyang  yang harus dilestarikan keberadaannya, ujar Adipati
Bandarlampung  (Antaranews Lampung) – Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Raden Adipati Surya mengimbau kepada seluruh masyarakat Waykanan agar bisa melestarikan adat budaya dan permainan musik tradisional yaitu gitar tunggal.

“Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan alat musik tradisional gitar tunggal, karena ini merupakan suatu peninggalan nenek moyang  yang harus dilestarikan keberadaannya,” ujar Raden Adipati Surya, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, permainan musik gitar tunggal ini merupakan salah satu kesenian orang Lampung asal Kecamatan Negara Batin Kabupaten Waykanan yang harus dijaga kelestarian. Khususnya para anak muda yang sudah mulai meninggalkan kesenian tersebut.

Selain itu, walaupun terbilang kuno, tetapi kesenian ini banyak sekali mengandung makna dan cerita sejarah untuk dapat dikenang.

“Kita mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menjaga kelestariannya, karena itu merupakan aset negara yang harus diselamatkan agar tidak diakui oleh negara lain,” katanya.

Adipati menjelaskan, dari anak-anak yang ada, hanya ada satu atau dua yang masih tetap menjaga kelestarian dan keasrian dari permainan alat musik gitar tunggal tersebut.

“Hampir rata-rata semua anak-anak terpaku dengan hendpone android, itu yang dapat merusak generasi saat ini,” ungkapnya.

Agar tidak putus pada generasi seperti ini, maka anak-anak harus diberikan pengertian dan pemahaman tentang pentingnya menjaga dan melestarikan adat budaya yang ada.

"Bila terus dilestarikan berarti semua anak cucu keturunan selanjutnya dapat merasakan permainan alat musik tradisional gitar tunggal tersebut," kata dia.