Kurangi pengangguran Waykanan bangun sentra IKM

id sekda waykanan, saipul

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Saipul (Foto : Antaranews Lampung/Emir FS/Dok)

Kita akan bangun sentra IKM di Kabupaten Waykanan ini, tujuannya selain mendukung pembangunan, nantinya dapat menyerap tenaga pekerja agar mengurangi angka pengangguran tersebut, kata Saipul
Waykanan  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung akan membangun sentral industri kecil dan menengah (IKM) guna mendukung pembangunan dan mengurangi angka pengangguran.
"Kita akan bangun sentra IKM di Kabupaten Waykanan ini, tujuannya selain mendukung pembangunan, nantinya dapat menyerap tenaga pekerja agar mengurangi angka pengangguran tersebut," kata Sekda Waykanan Saipul, di Waykanan, Kamis. 

Menurutnya, pembangunan IKM di Kabupaten Waykanan sangat mendukung dan berpotensi berkembang sangat cepat, apalagi masih banyaknya lahan kosong yang dapat digunakan sebagai lokasi IKM tersebut. Sebut saja bekas lokasi Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) yang juga dapat dijadikan lokasi KTM. 

Selain lokasi KTM yang masih memilki lahan mencapai 78 hektare, di Kecamatan Way Tuba juga sangat strategis untuk dijadikan lokasi IKM karena dekat dengan bandara Lanudad Gatot Subroto TNI Angkatan Darat. 

Guna mendukung IKM dapat berjalan dengan lancar dan berkembang di Kabupaten Waykanan, lanjut dia, para pimpinan terus melakukan konsolidasi ke Pemerintah Pusat dan Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) untuk dapat segera merealisasikan bandara tersebut menjadi bandara komersil. 

"Bila bandara ini sudah terintegrasi dapat lebih cepat antara Lampung dan Jakarta, serta dapat mempermudah melakukan promosi ke luar Kabupaten Waykanan hasil dari IKM yang ada," katanya. 

Saipul mengharapkan dengan adanya pembangunan lokasi IKM di Kabupaten Waykanan, dapat mengurangi angka pengangguran serta menambah lowongan pekerjaan bagi para lulusan terbaik untuk dapat mengabdi di daerah ini. 

Kepala Bidang Sub Direktorat Pengembangan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah Dirjen Pusat Pertumbuhan Industri Wilayah Dua Kementerian Perindustrian Syahresmita, mengatakan dengan adanya sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Waykanan bisa mengangkat nama di tingkat nasional. 

Bila melihat dari luas wilayah dan jarak, ia menjelaskan tidak menjadi masalah, apalagi melihat potensi untuk pembuatan lokasi IKM, yang juga wilayahnya berbatasan dengan Oku Timur, Oku Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. 

Pembangunan IKM ini menjadi salah satu pembangunan yang mengutamakan SDM yang handal dan banyak, melihat potensi ini tidak ragu dengan SDM di Kabupaten Waykanan, apalagi banyak lulusan terbaik dari kampus ternama di Lampung atau di luar Lampung. 

?Banyak masyarakat di sini dapat mengembangkan IKM tersebut, semoga dapat berjalan lancar dan bisa mendukung pembangunan serta visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan Kabupaten yang maju dan berdaya saing 2021,? jelasnya.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar