Lampung targetkan lima besar nasional LKS SMK

id kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, provinsi lampung, sulpakar

Lampung targetkan lima besar nasional LKS SMK

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Mohon doa dan dukungan agar para peserta mampu membawa harum nama Lampung di kancah nasional ini, kata Sulpakar
Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menargetkan masuk lima besar nasional Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke-26 Nasional yang berlangsung di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar, di Bandarlampung, Selasa, target itu optimistis diraih, mengingat persiapan sebelum lomba berlangsung maksimal.

"Mohon doa dan dukungan agar para peserta mampu membawa harum nama Lampung di kancah nasional ini," kata Sulpakar.

Peserta lomba ini, kata Sulpakar lagi, diseleksi dari juara LKS kabupaten dan kota se-Lampung.

"Lomba ini merupakan ajang pembuktian untuk menunjukkan prestasi selama mengenyam pendidikan di sekolah. Jadi tidak sekadar mencari juara," kata Sulpakar pula.

LKS SMK ke-26 Nasional ini berlangsung 6-12 Mei di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Target kontingen Lampung tersebut diberikan kepada 60 peserta LKS yang mengikuti 30 dari 58 cabang yang dilombakan.

Lomba yang tahun 2018 ini dibuka Mendikbud Muhadjir Effendy, telah berlangsung sejak 1992, merupakan bagian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

Pelaksanaan lomba itu tahun ini diikuti 1.068 siswa dengan mengangkat tema "Generasi Muda Zaman Now yang Berkompeten dan Berkarakter."

Pelaksanaan LKS SMK memperlombakan 58 bidang lomba, dengan rincian dua bidang lomba daring (online), 49 bidang lomba luring (offline).

Selain melombakan bidang-bidang siswa SMK Indonesia, pelaksanaan tahun ini turut dilombakan tujuh bidang yang diikuti komunitas vokasi dengan peserta dari Indonesia maupun dari negara lain di tingkat ASEAN, bertajuk South East Asia Creative Camp (SEACC).