Dispar Lampung Selatan nilai pengelola Pantai Rio lalai pengawasan

id Lampung Selatan ,Dinas pariwisata ,Pantai Rio lalai pengawasan

Dispar Lampung Selatan nilai pengelola Pantai Rio lalai pengawasan

Ilustrasi- Pantai Rio by the Beach yang dipenuhi pengunjung. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Kelalaian pengelola Pantai Rio ini adalah tidak membuat papan peringatan dilarang berenang di pantai tersebut yang bisa dilihat jelas oleh para pengunjung

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lampung Selatan menyebutkan bahwa pihak pengelola Pantai Rio by The Beach, yang terletak di Kecamatan Kalianda, lalai dari segi pengawasan pengunjung.

Kepala Dispar Lampung Selatan Kurnia Oktaviani, di Kalianda, Selasa, mengatakan akibat minimnya pengawasan telah mengakibatkan tewasnya salah seorang pengunjung karena terseret ombak di pantai tersebut.

"Dari pantauan tim kami, itu memang ada beberapa poin yang harus dipenuhi pengelola Pantai Rio ini, seperti membuat menara pandang di tempat tersebut lebih tinggi lagi, karena yang telah ada itu belum standar menara pandang yang seharusnya ada di pantai. Itu kami imbau kepada pengelola untuk membuat menara pandang sesuai dengan standar yang ada," kata dia.

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa poin dalam surat edaran pemerintah daerah tentang pengelolaan tempat wisata di pantai setempat belum terpenuhi.

"Sebelum peristiwa ini memang kami sudah memberikan surat edaran secara langsung, soal imbauan larangan-larangan yang harus dipenuhi oleh pihak pengelola wisata, itu kalau tidak salah ada di poin ketiga ihwal larangan pengunjung untuk berenang di pantai yang memang berbahaya untuk berenang," katanya.

Menurut dia, surat edaran yang disebarkan ke pelaku usaha wisata itu ada pada poin 3, yaitu memasang peringatan dilarang mandi di pantai yang terlihat oleh pengunjung.

"Kelalaian pengelola Pantai Rio ini adalah tidak membuat papan peringatan dilarang berenang di pantai tersebut yang bisa dilihat jelas oleh para pengunjung," ujar dia.

Kurnia juga mengatakan pihak pengelola sudah membuat papan peringatan namun tidak terlihat oleh para pengunjung.

"Papan peringatan itu memang sudah dipasang, tetapi tidak terlihat oleh pengunjung. Jadi, jika tidak terlihat langsung kan para pengunjung menganggap pantai ini diperbolehkan untuk berenang atau mandi," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Dinas Pariwisata Lampung Selatan saat ini belum memberikan sanksi terhadap pengelola pantai tersebut karena akan mengkonfirmasi langsung kepada mereka.

"Sampai saat ini belum ada sanksi, karena saya masih di luar kota dan ingin bertemu secara langsung dengan pengelola pantai, untuk mengetahui seperti apa kejadian ini, saya juga akan bertanya langsung kepada beberapa pengunjung di sana bagaimana pengalaman mereka di tempat wisata tersebut. Kemudian teman-teman korban. Setelah itu akan kami telaah, saat ini untuk sanksinya belum ada," kata Kurnia.

Oleh karena itu, kata dia, berdasarkan pemeriksaan sementara pihaknya yang telah ke lokasi kejadian, akan meminta pengelola pantai segera memenuhi beberapa poin agar tidak membahayakan pengunjung.

"Nanti kami minta kepada pengelola secepatnya membuat larangan tersebut, sehingga tidak ada lagi pengunjung yang celaka," ucapnya.

Sebelumnya, seorang remaja bernama Dika Gunawan (16) terseret ombak Pantai Rio by the Beach Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (29/6) sore.

"Korban bernama Dika Gunawan umur 16 tahun berjenis kelamin laki-laki warga Makmur Jaya, Tulang Bawang, Unit 2 Lampung," kata Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu (29/6).

Ia menjelaskan korban bersama teman-temannya tidak menghiraukan peringatan yang diberikan oleh penjaga pantai tersebut, sehingga tetap berenang ke tengah dan terbawa arus ombak.

"Jam kejadian korban dinyatakan hilang sekitar pukul 16.30 WIB," kata dia.

Ia mengatakan korban berenang di pantai bersama delapan orang temannya, kemudian tidak berselang lama korban dan satu temannya terseret ombak.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Pantai Rio Lampung Selatan

Baca juga: Tim SAR imbau warga tak berenang di lokasi pencarian korban tenggelam

Baca juga: Tim SAR gabungan cari remaja terseret ombak di Pantai Rio