Lampung bakal pengekspor kambing

id Lampung ekspor kambing,budi daya kambing di Lampung,kambing

Lampung bakal pengekspor kambing

Kambing siap jual di Lampung (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

Tanggamus (Antaranews Lampung) - Provinsi Lampung siap untuk mengekspor kambing jenis saburai ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara.
           
"Kambing unggulan Lampung jenis saburai yang merupakan persilangan antara peranakan etawa (PE) dengan kambing boer,"  kata Kepala Dinas  Perkebunan dan  Peternakan Provinsi  Lampung Dessy D Romas, di Tanggamus, Rabu.
          
Ia mengatakan kambing jenis tersebut memiliki postur tubuh yang tegap dan besar dengan bobot yang tinggi sehingga membuat kambing jenis tersebut sangat cocok untuk diekspor.
          
Menurutnya, negara tetangga seperti Malaysia dam Brunai Darussalam merupakan potensi pasar ekspor kambing saburai.
           
Ia menjelaskan peternak kambing di Lampung menyatakan siap untuk mengekspor kambing sebanyak 1.500 ekor per bulan, jika keran pasar ekspor dibuka.
           
Sebelumnya, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini mengunjungi peternak kambing saburai di Tanggamus, Selasa (24/4).
           
Banun dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Badan Karantina berkomitmen akan melakukan pendampingan jika ternak kambing saburai di Provinsi Lampung sudah dapat diekspor melalui "inline inspectio" dan pemberian sertifikasi jaminan kesehatan.
            
Menurutnya, kambing saburai memiliki postur tubuh yang tegap dan besar dengan bobot yang tinggi, hal itu membuat kambing jenis tersebut sangat cocok untuk diekspor.
             
Ia menjelaskan meskipun kebijakan pemerintah saat ini tentang daging kambing masih untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun tidak menutup kemungkinan jika peternakan kambing saburai terus berkembang, pasar ekspor akan terbuka.