Harga gabah di Lampung naik

id Gabah, beras, Lampung

Harga gabah di Lampung naik

Pekerja sedang menjemur gabah. (Foto: Antara/Adhitya Hendra)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Harga gabah di tingkat petani maupun penggilingan di Lampung pada Oktober 2017 naik dibandingkan bulan sebelumnya.
         
"Peningkatan rata-rata harga kelompok kualitas  gabah kering panen di tingkat petani sebesar 10,59 persen dari sebelumnya Rp4.700 per kilogram," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum di Bandarlampung, Kamis.
         
Ia mengatakan bahwa harga gabah dengan kualitas yang sama di tingkat penggilingan pada periode tersebut juga naik sebesar 10,14 persen dari sebelumnya Rp4.804 per kg.
         
Menurutnya, harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp5.600/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah.
         
Yeane menjelaskan, harga gabah terendah mencapai Rp4.900/kg pada gabah kualitas GKP yaitu varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.
         
"Harga tersebut berada di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp3.700 per kilogram," ujarnya.
         
Sementara itu, lanjutnya, di tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp5.725/kg pada gabah kualitas GKP yaitu varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah, sedangkan harga gabah terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp5.000/kg dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.
         
"Harga tersebut berada di atas HPP yaitu Rp3.750 per kilogram," tambahnya.

         
ANTARA