Bulog Lampung pastikan ketersediaan beras aman untuk Lebaran

id Bulog lampung, ketersediaan beras Lampung, idul fitri 2024, lebaran 2024 lampung, ekonomi lampung

Bulog Lampung pastikan ketersediaan beras aman untuk Lebaran

Ilustrasi- Beras medium SPHP milik Bulog yang ada di pasar tradisional di Kota Bandarlampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Dengan ketersediaan sebanyak 28.837 ton harapannya bisa mencukupi konsumsi saat Idul Fitri
Bandarlampung (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Lampung memastikan ketersediaan beras aman untuk memenuhi konsumsi masyarakat di wilayahnya pada Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Menjelang Idul Fitri untuk pemenuhan kebutuhan beras masyarakat aman tersedia, sebab Bulog Lampung pun mampu mencukupi konsumsi masyarakat selama periode Ramadhan ini," ujar Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Lampung Taufan Akib di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan berdasarkan data per 3 April 2024 jumlah ketersediaan beras yang ada di gudang Bulog Lampung ada sebanyak 28.837 ton.
 
"Dengan ketersediaan sebanyak 28.837 ton harapannya bisa mencukupi konsumsi saat Idul Fitri, bahkan sebelum Ramadhan pemerintah daerah sudah melakukan sidak ke pasar tradisional dan beras Bulog ternyata tersedia banyak di pasaran untuk konsumsi masyarakat," katanya.
 
Dia menjelaskan nantinya ketersediaan beras pun akan semakin bertambah, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dengan adanya masa panen raya padi yang akan berlangsung di akhir April.
 
"Stok beras ini akan bertambah jumlahnya seiring hadirnya masa panen, maka kami akan dengan maksimal melakukan penyerapan gabah milik petani khususnya di Provinsi Lampung ini," ucap dia.
 
Ia melanjutkan untuk memenuhi sekaligus menjaga konsumsi masyarakat selain menyediakan komoditas beras adapula tersedia komoditas lain seperti minyak goreng serta gula pasir.
 
"Untuk minyak goreng yang ada di Bulog ketersediaannya sebanyak 114.296 liter, dan ini mampu membantu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idul Fitri nanti," tambahnya.
 
Selain itu ada juga stok gula pasir sebanyak 35 ton milik Bulog yang akan dijual ke pasaran.
 
"Dengan adanya ketersediaan minyak goreng, gula pasir, serta beras di gudang Bulog dan di pasaran, setidaknya kami ikut berkontribusi membantu menjaga stok bahan pangan untuk konsumsi masyarakat di periode Idul Fitri 1445 Hijriah ini agar tetap terpenuhi dengan baik," ujar dia lagi.