Pemprov Dukung Perubahan IAIN menjadi UIN

id pj sekda sutono dan ian, menjadi uin, iain raden intan

Pemprov Dukung Perubahan IAIN menjadi UIN

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono saa menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) dan Visitasi Perubahan Bentuk IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung di Gedung Rektorat IAIN, Jumat (14/10). (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas Kominfo Provinsi La

...Kami menyambut baik dan mendukung proses perubahan status IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung, kata Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mendukung perubahan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan sehingga ke depan dapat lebih banyak berkontribusi untuk membangun daerah setempat.

"Kami menyambut baik dan mendukung proses perubahan status IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung," kata Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono pada "Focus Group Discussion" (FGD) dan Visitasi Perubahan Bentuk IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung di Gedung Rektorat IAIN, Bandarlampung, Jumat (14/10).

Diharapkan UIN bisa lebih banyak lagi berkontribusi dan berakselerasi dalam program kerja pemerintah daerah. "Tidak hanya sebatas bidang sosial keagamaan semata, melainkan juga bidang pembangunan yang lain seperti ekonomi, teknik hingga kesehatan," katanya.

Ia menyebutkan, pembangunan daerah Lampung dititikberatkan pada pembangunan terpadu antara fisik dan non-fisik.

Dalam pembangunan fisik dilakukan upaya mewujudkan Lampung ke depan sebagai provinsi yang memiliki keunggulan dan daya saing di Tanah Air dalam mengatasi kemiskinan, pengangguran dan kebodohan serta keamanan. Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat besar di berbagai sektor.

Untuk pembangunan non-fisik, Pemerintah Provinsi Lampung secara terpadu terus memacu peningkatan sumber daya manusia dalam rangka menunjang profesionalisme kinerja serta memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin kerja dan bertanggung jawab.

Sutono menjelaskan bahwa dalam usianya yang tak lagi muda sekarang, IAIN Raden Intan Lampung saat ini sedikit banyak telah mampu memenuhi harapan, cita-cita dan keinginan masyarakat dan para pendirinya, bahkan menjadi kebanggaan bersama.

IAIN Raden Intan Lampung telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, mulai dari penataan kampus sebagai kampus yang bernuansa akademik dan Islami, pengembangan sumber daya manusia hingga pengembangan sarana prasarana.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat atas perubahan bentuk IAIN menjadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang sudah hampir mencapai tahap akhir," katanya.

Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Sekretariat Negara Hanung Cahyono memaparkan tahapan proses perubahan status IAIN menjadi UIN.

Ia menekankan agar perubahan status ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Kemudian dengan beralih status maka harus ada perbaikan minat masyarakat berkuliah. Jika saat ini tercatat lebih dari seribu mahasiswa, nanti meningkat lagi jumlah mahasiswanya setelah menjadi universitas.

Rektor IAIN Raden Intan Lampung Moh Mukri menjelaskan bahwa pihaknya merasa senang dan bersyukur karena perjuangan pajang dalam merubah IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung akhirnya membuahkan hasil.

"Ini merupakan doa dan perjuangan bersama semua pihak terkait di dalamnya," katanya. (Ant)