Bantuan bagi bocah korban jeduman berdatangan

id ikam lampung timur, beri bantuan, korban jeduman, lampung timur

Bantuan bagi bocah korban jeduman berdatangan

Anggota Dewan Pembina IKAM Lampung Timur Choiriah Hayati saat menyerahkan bantuan kepada keluarga Rizky korban permainan jeduman (bledukan) di Sukadana, Lampung Timur, Selasa (12/9 (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Bantuan mulai berdatangan buat Rizky Putra Pratama (9) siswa kelas 4 SD korban permainan jeduman (bledukan) berbahan spiritus yang terbakar sekujur tubuhnya dan telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

Pemerhati anak di Kabupaten Lampung Timur Edi Arsadad yang juga Koordinator Aliansi Tolak Kekerasan Seksual Anak (AKRAP), di Lampung Timur, Rabu, mengatakan telah menyalurkan bantuan dana kepada keluarga Rizky berasal dari sejumlah pihak yang ikut prihatin terhadap kondisinya.

Musibah yang dialami Rizky itu mendapat banyak perhatian dari kalangan masyarakat, antara lain lewat pemberitaan media massa dan postingan foto kondisi Rizky di media sosial oleh netizen, sehingga membuat banyak kalangan membantu Rizky.

"Aliansi Tolak Kekerasan Anak mulai mengajak teman-teman dari dalam negeri dan juga di luar negeri untuk menggalang dana membantu Rizky, penggalangan dana telah dimulai sejak Minggu (10/7) lalu," kata dia pula.

Menurut dia, sejak hari pertama penggalangan dana telah terkumpul sebanyak Rp9.600.000 dan telah disalurkan secara langsung kepada keluarga Rizky.

"Penyaluran dana dari teman-teman sudah disalurkan kepada keluarga Rizky pada Senin (11/7) kemarin," ujarnya.

Edi menjelaskan, lewat akun media sosial, dia meminta pihak yang akan membantu Rizky mentransfer langsung ke nomor rekening keluarga Rizky.

"Sengaja kami buat demikian demi menghindari kesalahan, lebih baik kepada keluarganya langsung," ujar dia lagi.

Menurut Edi, dana yang digalang tersebut diperuntukkan membantu meringankan beban eknonomi sekaligus biaya pengobatan Rizky.

Dia menambahkan, selain Rizky, AKRAP juga tengah menggalang dana untuk membantu Ridwan Ardiansyah (4), anak dari keluarga tidak mampu di Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai yang juga menderita luka bakar di tubuh dan wajahnya akibat lampu teplok di rumahnya.

Ridwan Ardiansyah kini dirawat di sebuah klinik di Kecamatan Bandar Sribhawono.

Selain AKRAP, perhatian juga datang dari Ikatan Mahasiwa (IKAM) Lampung Timur.

Anggota Dewan Pembina IKAM Lampung Timur Choiriah Hayati mengatakan bersama rekan-rekanya juga ikut peduli terhadap kondisi Rizky.

Dia mengungkapkan, IKAM Lampung Timur telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada keluarga Rizky.

"Dana yang sudah didonasikan Rp925 ribu, dari bantuan teman-teman IKAM Lampung Timur dan juga dari penggalangan dana masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, selain Rizky, sebelumnya IKAM Lampung Timur juga telah ikut membantu meringankan beberapa keluarga korban yang mengalami musibah hampir serupa.

Selain itu, dia mengatakan IKAM Lampung Timur menyarankan agar Rizky bisa dirujuk ke rumah sakit yang lebih baik agar bisa mendapatkan perawatan yang maksimal.  (Ant)