Darmajaya Bekali Dosen Pembimbing Lapangan PKPM

id ibi darmajaya, pkpm

 Darmajaya Bekali Dosen Pembimbing Lapangan PKPM

Pembekalan DPL PKPM IBI Darmajaya. (dok. ibi darmajaya)



Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - I nstitut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya membekali dosen pembimbing lapangan (DPL) di kampus setempat guna melaksanakan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM).

Puluhan dosen mendapat pembekalan terkait PKPM, pelaporan PKPM, dan hasil survey lapangan.

Ketua PKPM, Nurjoko, SKom., MTI mengatakan, PKPM yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus- 1 September mendatang akan diikuti 650 mahasiswa berasal dari Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mereka nantinya akan tersebar di 60 pekon (desa) pada dua Kabupaten yakni Tanggamus dan Pringsewu.

“Pembekalan DPL ini bertujuan untuk membekali para dosen agar mereka mengetahui tugasnya dalam mendampingi para mahasiswa PKPM. Diharapkan para DPL bisa membimbing para mahasiswa dalam melaksanakan program-program PKPM,” ujarnya.

Nurjoko melanjutkan, PKPM bertujuan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pengabdian kepada masyarakat dan menjadi pengalaman belajar bagi mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya mencapai kesejahteraan.

“Berlangsung selama satu bulan, mahasiswa di sana diharapkan mampu untuk belajar berinteraksi, dan bersosialisasi dengan masyarakat sekaligus menjalankan sejumlah program kegiatan,” ujarnya.

Nurjoko melanjutkan, PKPM periode genap tahun akedemik 2015/2016 ini menjadi kali pertama bagi mahasiswa Darmajaya melakukan PKPM di Pringsewu, sementara di Tanggamus sudah ke empat kalinya. Sasaran program PKPM meliputi Usaha Kecil Menengah (UKM), industri kreatif, manajemen pemerintahan desa, masyarakat desa, dan sistem informasi desa.

“Beberapa program akan dilaksanakan mahasiswa di antaranya edukasi Teknologi Informasi Komputer (TIK), pembangunan infrastruktur TIK, marketing untuk unit usaha mahasiswa perdesaan, pembelajaran akuntansi untuk unit desa kecil menengah, sampai ke pembangunan dan pengembangan usaha desa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra SE., MM juga berharap para mahasiswa dapat mentransfer ilmu yang dimilikinya dari perkuliahan kepada masyarakat desa.

“Diharapkan output dari program ini dapat membuat desa lokasi PKPM menjadi lebih berkembang baik di bidang teknologi dan bisnis, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi masyarakat,” katanya.(*)