Dinas Kesehatan Waykanan Khitan Gratis 40 Anak

id sunatan massal waykanan, dinas kesehayan waykanan, farida aryani, hut ke-17 waykanan

Dinas Kesehatan Waykanan Khitan Gratis 40 Anak

Kegiatan sunatan massal terhadap 40 anak yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan. (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Semuanya diberikan atau dilayani secara gratis, sebagai bentuk kegiatan sosial menyambut hari ulang tahun ke-17 Kabupaten Waykanan," kata Farida...
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 40 anak tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar menjalani khitan atau sunatan massal gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Lampung, Selasa (26/4).

Kepala Dinas Kesehatan Waykanan, Farida Aryani di Blambanganumpu, ibu kota Waykanan, mengatakan, selain operasi katarak dan sunat, pihaknya juga memberikan layanan tes kesehatan kanker mulut rahim bagi para ibu yang sudah mendaftar di puskesmas di wilayah masing-masing.

"Semuanya diberikan atau dilayani secara gratis, sebagai bentuk kegiatan sosial menyambut hari ulang tahun ke-17 Kabupaten Waykanan," kata Farida.

Menurutnya, bila dari kegiatan itu ada ibu–ibu yang terindikasi terkena penyakit kanker mulut rahim, akan segera dilakukan "pap smear", dan dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Umum Adbdul Muluk (RSUAM) Bandarlampung untuk segera ditindaklanjuti atau diobati.

"Yang penting sekarang dites dan dicek dulu, bila ditemukan ada yang terinfeksi, akan segera dilakukan perawatan yang intensif, serta dilakukan pap smear atau dirujuk RSUAM Bandarlampung," katanya.

Ia menjelaskan, anak-anak yang mengikuti sunatan massal berjumlah 40 orang,  sedangkan untuk pengecekan kanker mulut rahim dari umur 25 tahun sampai 45 tahun.

Farida mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat, sekaligus sebagi bentuk perhatian pemerintah daerah kepada warganya di bidang kesehatan,

Ia mengharapkan, pada tahun-tahun mendatang, jumlah peserta yang mendaftar bisa lebih banyak lagi, apalagi di era kepemimpinan Bupati Raden Adipatii Surya dan wakilnya Edward Antony, bidang kesehatan dan pelayanannya menjadi salah satu program prioritasnya.

Sementara itu, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengharapkan sunatan massal ini dapat mengurangi beban orang tua, terutama dari segi biaya.

"HUT ke-17 Waykanan ini juga bisa menjadi kenangan manis bagi orang tua dan peserta sunatan massal," katanya.

Bupati minta warga yang belum memperoleh kesempatan untuk disunat agar bersabar, karena tahun baru bisa melayani untuk 40 anak, diharapkan tahun depan jumlahnya bisa ditambah dan semua puskesmas dapat menyelanggarakan sunatan massal.

Mantan Ketua DPRD Waykanan ini mengharapkan kegiatan sosial layanan kesehatan gratis ini manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat serta memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Waykanan sekaligus ikut menyukseskan program Waykanan Mampu Berdaya Saing Pada Tahun 2021.(Ant)