Aliansi Petani Lampung Dukung Jumhur Jadi Capres

id Aliansi Petani Lampung Dukung Jumhur Jadi Capres

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Aliansi Petani Lampung mendukung Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) M Jumhur Hidayat sebagai calon Presiden RI 2014-2019.

"Kami mendukung Pak Jumhur karena rekam jejaknya tidak hanya melindungi pekerja atau buruh, tetapi juga petani dan nelayan. Beliau memperhatikan kaum marginal," kata Ketua Konsorsium Aliansi Petani Lampung, F Indra, pada deklarasi Aliansi Petani Lampung mendukung Jumhur Hidayat sebagai Capres, di Pondok Rimbawan, Bandarlampung, Rabu (21/8).

Ia menyebutkan, Kepala BNP2TKI itu layak untuk memimpin negara ini mengingat komitmennya yang besar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi seperti masalah kesejahteran, ketenagakerjaan serta kaum marginal seperti buruh, petani dan nelayan.

Menurutnya, saat ini kita membutuhkan pemimpin yang berani, jujur dan bukan boneka dari negara asing. Karena dengan kriteria itulah yang sesuai untuk memberikan tuntutan akan arah perjuangan bangsa ini ke depan.

"Saya telah melihat biografi Pak Jumhur yang pro kepada buruh, petani dan nelayan. Berangkat dari situlah kami mendukung beliau karena memang pantas didukung sebagai pemimpin nasional," ujarnya.

Terkait Jumhur Hidayat ikut dalam konvensi Capres dari Partai Demokrat, Indra mengatakan bahwa penjaringan tersebut merupakan proses demokrasi dan berharap partai tersebut adil melakukan penjaringannya.

Selain itu menurut dia, dalam konvensi itu juga Partai Demokrat harus melihat aspirasi masyarakat maupun elemen kemasyarakatan yang masuk terkait dukungan terhadap capres yang diusung.

"Kami akan tetap mendukung Jumhur sebagai capres meskipun nantinya tidak dicalonkan lewat Partai Demokrat. Maju sebagai capres tidak harus dari partai berlambang mercy itu, tapi bisa dari partai lain. Yang jelas kami tetap dukung Pak Jumhur," kata dia pula.

Sementara itu, Ketua Serikat Tani Mandiri Lapung Agus Kuncoro mengatakan bahwa dalam menyongong Pilpres 2014 melalui proses diskusi yang mendalam di antara aliansi petani berpendapat bahwa langkah M Jumhur Hidayat maju sebagai capres patut diapresiasi.

Langkah progresif itu lanjutnya mengisyaratkan sebagai nilai dari sebuah militansi, keberanian dan nasionalisme yang tinggi.

"Sebagai penggiat tani kita harus mengethaui secara persis latar belakang Pak Jumhur yang dibesarkan dalam dunia pergerakan yang mengedepankan rasa sosil yang tinggi," jelasnya.

Ia mengharapkan pemimpin nasional mendatang dapat memperhatikan buruh, petani, nelayan dan kaum marginal lainnya agar kesejahteraannya meningkat.

Infrastruktur dan budidaya pertanian di Lampung lanjutnya harus diperkuat sehingga produk-produk pertanian di daerah ini dapat bersaing dengan komoditas luar negeri.

Pada acara itu sebanyak enam aliansi tani yang tergabung dalam Serikat Petani Lampung, yakni Serikat Petani Lampung, Serikat Tani Mandiri Lampung, Ikatan Nelayan Pesisir, Ikatan Petani Tambak Lampung, Gaspermindo Lampung, dan Gerakan Tani Organik Lampung hadir pada acara deklarasi tersebut.

Sebanyak lima ratus peserta dari petani dan nelayan se-Lampung turut pula menghadiri acara deklarasi mendukung M Jumhur Hidayat sebagai Capres 2014--2019.