Dinkes Bandarlampung Tingkatkan Penyuluhan TBC

id tuberkulosis

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung meningkatkan penyuluhan bahaya tuberkulosis (TBC) guna mengantisipasi menyebarnya penyakit tersebut.
        
"Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang sangat mudah sekali dalam penularannya. Seperti halnya penyakit flu biasa, dalam penyebarannya juga melalui udara," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung, A Azwar di Bandarlampung, kemarin.
        
Menurut dia, penyakit tuberkolosis sangat mematikan apabila tidak segera dilakukan penanganan. Di Indonesia, penanganan sejak dini sudah dilakukan dengan memberikan paket imunisasi BCG pada balita.
        
"Kebanyakan masyarakat di kota ini masih banyak yang belum mengerti dan mengenal penyakit ini sehingga perlu adanya penyuluhan atau pemberitahuan secara massal kepada warga," kata dia.
        
Ia menyebutkan, salah satu upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tersebut melalui penggalakkan posyandu di tiap wilayah Kota Bandarlampung agar dapat lebih mengetahui gejala dan antisipasinya.
        
"Petugas di posyandu itulah yang nantinya melakukan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya kaum ibu agar mereka dapat menjaga kesehatan di lingkungan rumahnya," ujarnya menerangkan.