Dewan Kesenian Bandarlampung Gelar Pameran Lukisan

id DKBL Gelar Pameran Lukisan, Lomba Kreativitas Anak DKBL, Dewan Kesenian Bandarlampung, DKBL

Dewan Kesenian Bandarlampung Gelar Pameran Lukisan

Anak-anak yang mengikuti pembukaan Pameran Lukisan dan Festival Seni Pertunjukan dan Kreativitas Anak di Bandarlampung, Sabtu (10/12). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dewan Kesenian Bandarlampung (DKBL) menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu Pameran Lukisan dan Festival Seni Pertunjukan dan Kreativitas Anak di Bandarlampung untuk menarik minat masyarakat terutama anak-anak mengakrabi dunia seni dan budaya.

Ketua Pelaksana Damsi Tarmizi, di Bandarlampung, Minggu, mengatakan kegiatan yang digelar berupa Pameran Lukisan Tiga Generasi ke-3, dan Festival Seni Pertunjukan dan Kreativitas Anak, berlangsung di Mal Boemi Kedaton (MBK) pada 10-11 Desember 2016.

Dia menyebutkan, dalam kegiatan pameran lukisan yang mengusung tajuk "Jajan Lukisan", diiikuti tak kurang dari 20 pelukis dari tiga generasi yang menampilkan sekitar 50 karya yang siap dijual.

Para pelukis yang ikut ambil bagian antara lain Andri Sugiarto, Ari Susisa Manangisi, Aulia, L Nazain, Aili Kastari, Baby Lien, Bunga Ilalang, Clarista H, Damsi Tramisi, Dede Rezeki, Eko Maryoto, Gabriela Yonathan, Harry Adi Putra, Hendrik Liu, Ian Daniarso, Jesse Gunawan, Maria dewi Kasih, Papa Joe, Rolni Def, Salvator Yen Joenaedhi, Suyitno, Toni, dan Vallerie Flichi.

Lebih Lanjut Damsi mengatakan, setelah DKBL dan berbagai pihak lainnya sering menggelar kegiatan yang sifatnya apresiatif, kali ini DKBL sudah saatnya mencoba untuk mengedukasi masyarakat agar berupaya mengoleksi karya para perupa dengan menggarap pasar lukisan.

"Masyarakat tidak hanya jajan kuliner, tetapi juga bisa jajan lukisan, mengingat yang perlu makanan bukan hanya badan saja, tetapi juga jiwa," ujar Damsi.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN didampingi Ketua Umum DKBL Hj Eva Dwiana saat pembukaannya, Sabtu (10/12), berharap masyarakat Bandarlampung menyambut baik kegiatan-kegiatan DKBL yang apresiatif, rekreatif dan edukatif bagi anak-anak.

"Kesenian sangat penting bagi pengembangan karakter anak. Untuk itulah seni perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini," ujar Herman HN.

Lebih lanjut Herman HN mengatakan, kegiatan lainnya berupa pameran lukisan juga merupakan salah satu upaya mengedukasi masyarakat Kota Bandarlampung untuk mengapresiasi karya lukisan.

Sedangkan Ketua Umum DKBL Hj Eva Dwiana mengatakan kegiatan Pameran Lukisan Tiga Generasi yang ketiga ini, bertujuan untuk memantik kegiatan seni rupa, mendokumentasikan perupa Lampung sekaligus upaya menjajaki pasar hasil karya lukisan.

"Mudah-mudahan para perupa bisa membuka pasar, dan masyarakat juga memulai untuk mengoleksi dengan membeli lukisan. Jadi tak hanya jajan kuliner, tetapi jajan juga benda-benda seni," ujarnya lagi.