PIALA AMERIKA - Messi ingin hapus kutukan

id Piala Amerika 2015, Lionel Messi

PIALA AMERIKA - Messi ingin hapus kutukan

Lionel Messi (sportige.com)

Santiago (Antara/AFP) - Argentina menjadi tim favorit untuk menghapus puasa gelar mereka selama 22 tahun, saat Piala Amerika dimulai pada Kamis, ketika Brazil yang tengah bangkit ingin menebus kegagalan mereka di Piala Dunia tahun lalu.
        
Salah satu pergelaran Piala Amerika yang paling dinanti akan dimulai di Santiago, di mana tuan rumah Chile memulai pesta sepak bola Amerika Selatan selama tiga pekan ini dengan menjamu Ekuador di Grup A pada pukul 20.30 waktu setempat (23.30 GMT).                
   
Turnamen yang diikuti 12 tim itu menjadi tempat pertemuan talenta-talenta menyerang sepak bola yang paling berbahaya, di mana para bintang yang berkarir di Eropa seperti Lionel Messi, Neymar, James Rodriguez, Alexis Sanchez, dan Edinson Cavani siap bersinar.
        
Kompetisi ini juga disambut dengan perasaan lega oleh organisasi sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL, yang dihantam dugaan-dugaan korupsi terkait skandal yang menimpa dunia sepak bola.
        
Kapten Argentina Messi dan sejawatnya di Brazil Neymar menuju ke Chile kurang dari sepekan setelah menginspirasi Barcelona meraih kesuksesan di final Liga Champions di Berlin, final yang menutup musim dengan raihan "treble."
   
Kedua pemain bernomor punggung sepuluh itu memikul beban berat di bahu mereka, di mana Messi bertekad untuk mencicipi kesuksesan di turnamen internasional utama dan Neymar ingin menghapus kenangan buruk dari Piala Dunia tahun lalu.
 
Saat Messi telah menjadi sosok kunci pada bangkitnya Barcelona sebagai kekuatan utama di sepak bola level klub sepanjang satu dekade terakhir, ia belum pernah meraih kejayaan dalam balutan kostum Argentina, selain medali emas Olimpiade 2008.
        
"Tujuan kami adalah memenanginya pada tahun ini," kata Messi, yang gagal mengakhiri kutukan Argentina saat kalah pada masa tambahan waktu dari Jerman pada final Piala Dunia tahun lalu. "Merupakan hal hebat untuk bermain bagi tim nasional, untuk mengenakan kostum dan menjadi kaptennya," tambah Messi. "Namun mendapatkan gelar akan menjadi utama bagi saya."
   
Messi mungkin merasa ia memiliki poin untuk dibuktikan pada Sabtu, empat tahun setelah dicemooh penggemarnya sendiri saat Argentina tersingkir dari perempat final oleh tim yang kemudian menjadi juara, Uruguay.  
   
Argentina membuka perjalanan mereka dengan melawan Paraguay pada Sabtu, dan semestinya dapat melaju dengan mudah dari Grup B, yang juga dihuni Uruguay dan Jamaika, satu dari dua tim region CONCACAF yang diundang untuk menyemarakkan turnamen.
        
Ancaman terbesar bagi harapan-harapan Argentina untuk memuncaki grup kemungkinan datang dari juara bertahan Uruguay, yang tetap kuat meski penyerang Luis Suarez harus absen. Sang juara bertahan kelihatannya akan mengandalkan penyerang PSG Cavani untuk menjadi andalan di lini depan.
        
Cavani memasuki turnamen setelah mencatatkan 31 gol di semua kompetisi bagi raksasa Prancis itu di musim lalu, torehan yang membuatnya dilaporkan menjadi incaran transfer Manchester United pada musim panas ini.