Mentan Tinjau Irigasi Pertanian

id irigasi

Mentan Tinjau Irigasi Pertanian

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (tengah) bersama Wagub Lampung Bachtiar Basri dan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP melakukan panen raya saat kunjungan kerja ke Desa Mekar Mulya Kecamatan Palas Lampung Selatan. ((antaralampung/Kristian Al

Pemerintah akan melakukan pembangunan jaringan irigasi untuk 35 ribu hektare lahan sawah di Lampung, termasuk di Lampung Selatan."
Kalianda,Lampung (ANTARA Lampung) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau kawasan sawah bekas Rawa Sragi, Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu.
        
Pada kesempatan itu Mentan mengatakan Kementerian Pertanian akan segera membantu pembangunan jaringan irigasi primer di kawasan persawahan itu.
        
"Pemerintah akan melakukan pembangunan jaringan irigasi untuk 35 ribu hektare lahan sawah di Lampung, termasuk di Lampung Selatan," kata dia.
        
Ia mengharapkan pembangunan tersebut nantinya dapat meningkatkan produksi padi sehingga kesejahteraan petani pun ikut meningkat.
        
Selain itu, Kementerian Pertanian juga akan memberikan bantuan 577 unit traktor tangan untuk mengolah sawah serta 286 pompa air untuk mencukupi kebutuhan air sawah petani terutama saat musim kemarau.
        
Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP mengatakan, peninjauan Menteri Pertanian itu merupakan usulan atau permintaan pemerintah kabupaten dalam rangka mendukung pengembangan sektor pertanian.
        
Ia berharap, pembangunan atau pembenahan jaringan irigasi itu dapat segera terealisasi pada awal tahun 2015. Karena sebelumnya sudah dibantu penambahan jaringan untuk lahan seluas 7.000 ha dari 20.000 ha  yang ada di kawasan itu.
        
Pihaknya akan ikut menyosialisasikan kepada masyarakat agar segera terealisasi, karena bantuan tersebut sangat dibutuhkan para petani setempat.
        
Rycko menambahkan pemerintah daerah ikut menyosialisasikan kemasyarakat agar program pemerintah pusat dapat segera terealisasi.
        
"Karena kita ini sudah lama menunggu, kita harapkan Lampung ini juga dapat diprioritaskan," kata dia.
        
Sementara itu, Menteri Pertanian meninjau persawahan itu pada Rabu (26/11) pagi. Dalam kunjungan tersebut Mentan juga menyempatkan berdialog dengan para petani. Ia berjanji jika pada awal 2015 program itu belum terealisasi maka petani bisa mengadukan hal tersebut kepadanya dengan datang langsung ke kantornya di Kementerian Pertanian.
       
Dalam kunjungan yang didampingi Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP, Mentan juga menyempatkan panen raya padi di persawahan wilayah itu bersama para petani setempat.