Lampung Barat segera perbaiki irigasi bagi 70 Ha sawah di Buay Nyerupa

id Lampung Barat ,Perbaikan irigasi Lampung,Sukau Lampung Barat, ketahanan pangam

Lampung Barat segera perbaiki irigasi bagi 70 Ha sawah di Buay Nyerupa

Penjabat Bupati Lampung Barat berserta aparat terkait meninjau lokasi saluran irigasi yang rusak diterjang banjir di Pekon (Desa) Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau. ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat

Liwa (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman akan melakukan perbaikan sementara terhadap saluran irigasi di Pekon (Desa) Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau yang berfungsi mengairi 70 hektare areal persawahan agar tidak mengganggu program ketahanan pangan.

Nukman mengatakan, kerusakan saluran irigasi tersebut menjadi perhatian dan akan dilakukan penanganan sementara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar petani bisa menggarap sawah untuk mendukung ketahanan pangan. 

"Nanti akan kita lakukan penanganan bersifat sementara terlebih dahulu, untuk pembangunan permanen ke depannya akan segera kita pelajari dan usulkan," kata PJ Bupati Lampung Barat, Nukman, dalam keterangannya yang diterima di Liwa, Kamis.

"Yang mesti kita pikirkan saat ini jangan sampai sawah-sawah masyarakat mengalami kekeringan sehingga tidak dapat menanam padi," katanya.

Kemudian ia berharap, dengan dilaksanakan perbaikan, kebutuhan air area persawahan di lokasi tersebut kembali normal, sehingga tidak berpengaruh dengan menurunnya hasil produksi padi.

"Mudah-mudahan bisa kembali normal, dan sawah masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan air agar sawahnya tidak mengering serta maksimalnya hasil produksi padi," kata dia.

Selanjutnya, Amrah Bangsawan warga Pekon Buay Nyerupa, menceritakan bahwa sebelumnya irigasi tersebut memang sudah mengalami kerusakan ringan, namun setelah diguyur hujan yang cukup deras beberapa waktu lalu akhirnya mengalami kerusakan cukup parah.

"Sekitar satu bulan yang lalu kembali diguyur hujan yang cukup deras sehingga mengakibatkan kerusakan parah seperti saat ini," kata Amrah.

Dirinya berharap setelah kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Lampung Barat itu ke depannya segera akan dilakukan penanganan perbaikan apalagi irigasi itu mendistribusikan air bagi 70 hektare areal persawahan yang berada di Pekon Buay Nyerupa.

"Jika tidak segera diperbaiki petani terancam tidak bisa bercocok tanam," ujar dia pula.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lampung Barat akan perbaiki irigasi bagi 70 Ha sawah di Buay Nyerupa