Irigasi di Lampung siap layani musim tanam pertama

id Irigasi lampung, musim tanam padi lampung, pola tanam padi lampung

Irigasi di Lampung siap layani musim tanam pertama

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung Budhi Darmawan saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kalau saluran irigasi teknis primer ataupun sekunder yang menjadi kewenangan provinsi 70 persen dalam kondisi baik, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyatakan irigasi yang ada di daerahnya siap melayani kebutuhan pengairan petani dalam pelaksanaan musim tanam pertama.

"Saat ini sudah mulai musim tanam pertama jadi dengan balai besar sudah koordinasi terutama untuk di daerah kewenangan pusat seperti di Sekampung Sistem," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung Budhi Darmawan di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan semua irigasi yang menjadi kewenangannya telah siap dalam melayani kebutuhan pengairan petani pada musim tanam pertama.

"Kondisi irigasi secara umum siap melayani petani yang akan melaksanakan musim tanam pertama dan kedua. Perbaikan serta pemeliharaan irigasi pun terus dilakukan menggunakan dana alokasi khusus dan APBD secara rutin tiap tahun," ucapnya.

Dia melanjutkan untuk perbaikan irigasi besar yang tengah dilakukan menggunakan dana alokasi khusus Rp18 miliar yaitu ada di daerah irigasi Way Ngarip I lokasi Tanggamus dengan luas baku 1.346 hektare dan luas fungsi 1.248 hektare.

Lalu daerah irigasi Tipo Balak, Lampung Tengah dengan luas baku 1.133 hektare, serta luas fungsi 1.133 hektare. Daerah irigasi Negara Ratu Kabupaten Lampung Selatan dengan luas baku 1.153 hektare dan luas fungsi 1.100 hektare.

Kemudian ada program pembangunan dan rehabilitasi irigasi desa di 50 titik yang tersebar di Kabupaten Lampung Tengah, Pringsewu, Lampung Timur, Pesisir Barat, Mesuji, Lampung Selatan, Waykanan, Tanggamus, Lampung Utara, Pesawaran dan Kota Metro.

"Kalau saluran irigasi teknis primer ataupun sekunder yang menjadi kewenangan provinsi 70 persen dalam kondisi baik, sisanya ini tidak akan mempengaruhi panen karena masih bisa mengairi sawah petani," tambahnya.

Menurut dia, meski di beberapa daerah sudah mulai turun hujan, pihaknya masih menerapkan pembagian air secara bergilir sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Lampung mengenai pola tanam.

"Untuk itu kita masih terapkan pembagian air secara bergilir sesuai SK pola tanam. Lalu kita minta agar petani tetap juga hemat air meski sudah hujan supaya tidak terjadi gagal panen atau tanamannya mati," tambahnya.