Sumur mengering, warga Negeri Katon mandi- cuci di saluran irigasi

id Elnino

Sumur mengering, warga Negeri Katon mandi- cuci di saluran irigasi

Salah satu warga Negeri Katon, Lampung Tengah mencuci di aliran irigasi karena air sumur mulai mengering dampak El Nino. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Lampung Tengah (ANTARA) - Dampak iklim El Nino mulai dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah, salah satunya di Dusun II dan III, Kampung Negeri Katon, Kecamatan Selagai Lingga.

Warga di dua dusun tersebut terpaksa menggunakan aliran irigasi untuk mandi dan mencuci baju lantaran air sumur mengering.

Salah satu warga setempat, Tamrin Iskandar mengatakan, aktivitas mandi dan mencuci di aliran irigasi ini sudah dilakukan warga sejak seminggu terakhir. 

"Iya mas, untuk mandi dan mencuci warga di Dusun II dan III ini sudah pakai air dari irigasi, karena sumur di sini sudah kering," kata dia saat di Lampung Tengah, Rabu.  

Menurut dia, untuk keperluan air bersih saat ini warga mengambil di sumur bor yang ada di masjid terdekat. 

"Untuk air bersih ini yang masih kami butuhkan. Untuk sementara kami masih bisa mengambil di masjid," terangnya.

Apalagi, tambah Tamrin, pada bulan depan depan aliran irigasi setempat akan ditutup. Artinya, satu-satunya sumber air hanya mengandalkan sumur bor di masjid tersebut. 

"Kalau dijadwal pemerintah itu tanggal 1 September nanti aliran irigasinya akan ditutup. Jadi sudah tinggal di sumur bor itu warga bisa dapat air. Kalau harapan kami tentu ada bantuan air bersih untuk warga," tandasnya.