Polda Lampung siagakan personel khusus layani wisatawan WSL Krui Pro

id Lampung,Bandarlampung ,Polda Lampung,Pemkot Bandarlampung,Pesisir Barat,WSL

Polda Lampung siagakan personel khusus layani wisatawan WSL Krui Pro

Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmy Santika, di Mapolda Lampung, Jumat (17/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyiagakan personel khususnya guna melayani masyarakat atau wisatawan dan tamu undangan pada ajang surfing internasional World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024 mulai 28 Mei - 4 Juni 2024.

"Pada ajang WSL Krui Pro kami melaksanakan operasi pengamanan dengan menyiagakan 325 personel, lengkap dengan sarana prasarananya. Serta menyiapkan dan menempatkan personel khusus tourist police (polisi pariwisata) dan tim keamanan (security officcer) bagi wisatawan," kata Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, di Mapolda Lampung, Jumat.

Dia mengatakan bahwa personel Polda Lampung dan Jajaran Polres Pesisir Barat akan memberikan pengamanan yang sifatnya melekat kepada panitia penyelenggara kegiatan dan peserta WSL Krui Pro.

"Pengamanan bersifat terbuka dengan mengedepankan fungsi kepolisian, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan secara nyata," kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa guna menyukseskan ajang internasional tersebut, Polda Lampung pun bersinergi dengan TNI.

"Personel khusus ini, mereka akan berpakaian layaknya polisi turis dan bukan berseragam seperti biasa digunakan," kata dia.

Pelaksanaan ajang internasional tahunan di wilayah Pesisir Barat ini disebut berbeda dari sebelumnya, karena bakal diikuti sebanyak 259 peserta dari 14 negara.

"Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun-tahun lalu. Oleh karenanya, ajang ini penting dan diproyeksikan bakal menjadi titik balik kebangkitan pariwisata hingga investasi di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung," kata Kapolda.

Oleh sebab itu, Helmy pun mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung kesuksesan ajang surfing WSL Krui Pro di tahun ini.

"Mari kita jaga nama naik Indonesia, khususnya Lampung," kata dia.

Kapolda Lampung itu pun menegaskan akan menjamin rasa aman dan nyaman pelaksanaan ajang surfing internasional World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024.

"Kepolisian daerah dan jajaran telah menyiapkan pengamanan dan penjagaan dalam ajang skala internasional tersebut. Kami juga bakal menggelar operasi mandiri kewilayahan bersama Polres Pesisir Barat dan Polres Lampung Selatan serta sejumlah Polres di jajaran Polda Lampung dengan sandi "Tuhuk Krakatau 2024" selama 9 hari mulai 27 Mei - 4 Juni 2024," kata dia.