Indonesia ukir sejarah baru

id Shin Tae-yong,Timnas Indonesia U-23

Indonesia ukir sejarah baru

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong ketika memimpin Garuda Muda menang 4-1 atas Yordania U-23 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024). (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) mengaku sangat senang setelah kembali membawa Merah Putih mengukir sejarah baru di level Asia.

Setelah mengantarkan timnas senior menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya awal tahun ini, pelatih asal Korea Selatan itu kembali membuktikan kualitasnya dengan membawa level timnas U-23 menembus perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Tampil sebagai tim debutan, Garuda Muda memetik dua kemenangan pada babak penyisihan grup, Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar dengan kemenangan kedua yang dicetak pada laga terakhir saat berpesta melawan Yordania U-23 dengan skor telak 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4).

Empat gol timnas Indonesia U-23 yang dicetak Marselino Ferdinan (23', 70'), Witan Sulaeman (40'), dan Komang Teguh (86'). Sementara untuk satu gol Yordania dicetak melalui gol bunuh diri Justin Hubner (79').

Dua kemenangan ini membawa Indonesia mengakhiri Grup A di posisi kedua dengan enam poin untuk mengamankan satu tempat di babak perempat final bersama tim tuan rumah Qatar dari Grup A yang unggul satu poin di klasemen.

"Dan saat kami membuat sejarah ini dengan para pemain saya, saya sangat senang," kata STY dilansir dari keternagan resmi PSSI, Senin.

"Saya ingin berbagi kemenangan ini, tidak hanya kepada para pemain, tetapi kepada semua pihak di PSSI dan juga seluruh suporter di Indonesia," tambahnya.