Dompet Dhuafa, Maybank Indonesia dan Komunitas Temenin kolaborasi kebaikan di bulan Ramadhan

id Dompet Dhuafa, CSR, Maybank

Dompet Dhuafa, Maybank Indonesia dan Komunitas Temenin kolaborasi kebaikan di bulan Ramadhan

Dompet Dhuafa, UUS Maybank Indonesia dan Komunitas Temenin  kolaborasi kebaikan di bulan Ramadhan. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Jakarta (ANTARA) - Permasalahan Kesehatan mental dapat terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Terkhusus bagi para wanita dengan segala aktivitasnya. Oleh karena itu, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) dan Komunitas Temenin melaksanakan event Ngabuburit yang terdiri dari 3 kegiatan yaitu, soft lauching kerjasama strategis Dompet Dhuafa dengan UUS Maybank Indonesia, workshop mental health serta kajian.

Event yang dihadiri  sekitar 200 orang ini berkolaborasi di kantor pusat Maybank Indonesia, Senayan, Jakarta. Event ini juga merupakan tindak lanjut kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan UUS Maybank Indonesia.

Pada kesempatan yang sama dan sejalan dengan misi, Dompet Dhuafa dan Maybank Indonesia berkolaborasi untuk memperluas kemudahan beramal bagi nasabah melalui transaksi ZISWAF, sehingga dapat meningkatkan penyaluran dana kepada masyarakat.

“Kerjasama ini merupakan perwujudan strategi Grup Maybank M25+ yakni pengembangan kapabilitas Banking-as-a-Service (BaaS) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk komunitas dengan menghadirkan additional service untuk transaksi ZISWAF dalam membantu pemberdayaan umat,” ujar Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari.

Kerjasama strategis ini berupa pengembangan produk layanan Maybank Indonesia yang diintegrasikan secara digital pada platform aplikasi Dompet Dhuafa. Hal ini dapat memudahkan para donatur untuk melakukan pembayaran ZISWAF langsung dari sumber dana pada rekening berbasis syariah di Maybank Indonesia milik donatur atau yang dikenal dengan istilah account binding. Selain itu, kerjasama ini juga meliputi penambahan channel pembayaran dalam bentuk Maybank Virtual Account yang terintegrasi langsung dengan aplikasi Dompet Dhuafa. 

Kerja sama Pengembangan layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi para donatur dalam melakukan zakat, infak, sedekah, wakaf hingga kurban. Dari sisi literasi keuangan, Dompet Dhuafa dan UUS Maybank Indonesia juga akan terus berkolaborasi khususnya terkait dengan pengelolaan harta kekayaan dan zakat melalui pendekatan Shariah Wealth Management dan kerjasama layanan haji.

Selain launching kerja sama, event ini juga ada kegiatan Workshop dan kajian bertemakan “Kalahkan Amarahmu, Gapai Jannahmu” yang diadakan di Kantor Maybank Syariah, Senayan, Jakarta pada Sabtu (30/3). 

“Kami melihat ini adalah isu yang sedang marak di kalangan muda, khususnya kaum wanita yang memiliki beban mental yang cukup menantang dengan segala aktivitasnya. Dompet Dhuafa berkomitmen melalui salah satu pilar programnya yaitu Kesehatan untuk meningkatkan kepedulian tentang Kesehatan mental” ujar Dian Mulyadi selaku General Manager Komunikasi dan Teknologi Informasi Dompet Dhuafa.

Dian turut menyampaikan apresiasinya atas berbagai kolaborasi yang dilakukan bersama dengan UUS Maybank Indonesia. Ini merupakan bentuk dukungan terhadap Dompet Dhuafa yang telah berkiprah selama 31 tahun di bidang pemberdayaan. 

Dompet Dhuafa terus menggaungkan kolaborasi dan aksi kebaikan dalam rangka mengentaskan permasalahan sosial di masyarakat kepada seluruh entitas masyarakat, dan hari ini kerjasama dengan Maybank adalah satu bentuk terobosan baru. 

Ia menambahkan, bantuan lainnya yang sampai hari ini masih terus berjalan berupa bantuan kaki palsu. Sebelumnya juga telah dilakukan penandatangan penyaluran sertifikasi guru ngaji dan infaq masjid. Dengan adanya digitalisasi, kolaborasi dengan UUS Maybank Indonesia membantu Dompet Dhuafa untuk memberikan kemudahan dalam transaksi kebaikan melalui DD Apps yang bisa langsung menjadi kanal donasi bagi nasabah atau donatur yang ingin bertransaksi kebaikan, bahkan ada reminder setiap pagi.

“jadi kami bersyukur masih mendapat kepercayaan dari UUS Maybank sebagai Business Strategic Dompet Dhuafa yang sampai hari ini menyalurkan dana-dana kolaborasi kebaikannya ke Dompet Dhuafa, yang kemudian bisa kami salurkan dengan tepat sasaran sampai ke pelosok negeri. Kami berharap, kedepannya akan terjalin kerjasama yang semakin erat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Temenin yang merupakan komunitas yang didirikan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghibur sekelompok orang dalam satu ketertarikan yang sama dari gaya hidup, dan hobi. Kegiatan yang dihadiri 200 peserta ini juga disupport Zahin Digital Agency. Sejak event pertama, Zahin Digital Agency selalu support dalam hal dokumentasi acara serta media partner. 

Irmalia selaku Founder Temenin menyampaikan kajian dan workshop perempuan ini digelar ditujukan kepada temen perempuan agar tetap produktif selama menjalani ibadah puasa sebagai bekal untuk berbenah diri dan bisa memaknai bahwa menjadi perempuan istimewa utamanya adalah bisa menjadi support sistem sesama perempuan. 

Narasumber pada workshop ini adalah Raden Prisya, yang merupakan seorang mindfulness and well-being coach. Serta dihadiri diisi oleh Dhini Aminarti, Wardah Maulina & Ustadzah Qotrunnada pada sesi kajian. Kegiatan ditutup dengan penyaluran parsel ramadan kepada anak-anak yatim.

Tidak hanya berhenti melalui workshop ini, Dompet Dhuafa berkomitmen pada isu Kesehatan mental melalui program-program yang digulirkan seperti Layanan Kesehatan Cuma-Cuma, Rumah Momong, dan lain sebagainya.


Dompet Dhuafa 

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 

(Adv/Berita Kerja Sama)