Polisi evakuasi penumpang balita sakit di Pelabuhan Bakauheni

id Lampung Selatan ,Pelabuhan Bakauheni ,KSKP

Polisi evakuasi penumpang balita sakit di Pelabuhan Bakauheni

Suasana saat penumpang kapal yang sakit dievakuasi para anggota kepolisian menuju mobil Ambulans. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Kami langsung berkoordinasi dengan tim kesehatan puskesmas setempat, dan juga dari pihak ASDP kami langsung melakukan penjemputan penumpang, katanya

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Polres Lampung Selatan, berhasil mengevakuasi penumpang balita yang sakit saat menyeberang dari Pelabuhan Merak Banten menuju Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi terlihat sejumlah anggota kepolisian dan petugas ASDP bersama-sama membantu salah satu penumpang kapal yang sedang sakit untuk dibawa ke puskesmas terdekat.

Kepala KSKP Bakauheni AKP Firman Widyaputra, saat diwawancarai di Bakauheni, Kamis, menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pukul 17.30 WIB, dan kapal sandar di Dermaga IV pukul 18.30 WIB.

"Iya tadi sekitar pukul 17.30 WIB tim kami menerima laporan dari kapal Elvina bahwa ada balira, salah satu penumpang kapal yang sakit," kata dia.

Setelah mendapatkan laporan pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait seperti tim kesehatan dan ASDP untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

"Kami langsung berkoordinasi dengan tim kesehatan puskesmas setempat, dan juga dari pihak ASDP kami langsung melakukan penjemputan penumpang," katanya.

Ia menjelaskan, penumpang kapal Elvina yang dinyatakan sakit tersebut adalah balita berusia sekitar satu tahun lima bulan.

"Didapati setelah kami lakukan penjemputan memang ada anak kecil kurang lebih satu tahun lima bulan sedang sakit saat melakukan perjalanan, dan setelah kami bawa ke puskesmas tadi memang kondisi balita cukup dingin," ujarnya.

Ia juga mengatakan, korban tersebut berasal dari Jakarta yang ingin melakukan perjalanan menuju ke Lampung.

"Korban tersebut asalnya dari Jakarta mau ke Tanggamus Lampung, informasinya memang pada saat di Jakarta korban tersebut melakukan pengobatan," ujar dia.

Selanjutnya ia meminta seluruh calon pemudik agar selalu menjaga kesehatan, mengingat pada saat ini sudah masuk libur Natal dan Tahun Baru, dan agar selalu menerapkan prokes.

"Kami mengimbau kepada para calon pemudik agar selalu menjaga kesehatan selama di perjalanan, selalu menerapkan protokol kesehatan mengingat angkat kasus COVID-19 mulai meningkat, dan jangan lupa membawa obat-obatan," tambahnya.