Divisi Budaya Dompet Dhuafa helat Festival Nasional Kampung Silat Jampang

id Dompet Dhuafa, Divisi Budaya Dompet Dhuafa, Festival Nasional Kampung Silat Jampang

Divisi Budaya Dompet Dhuafa helat Festival Nasional Kampung Silat Jampang

Divisi Budaya Dompet Dhuafa helat Festival Nasional Kampung Silat Jampang. ANTARA/HO-Dompet Duafa

Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Divisi Budaya Dompet Dhuafa kembali menghelat Festival Nasional Kampung Silat Jampang (KSJ) di tahun 2023. 

Festival Nasional KSJ 2023 ini diikuti oleh ratusan peserta dari 20 paguyuban silat ini berlangsung selama dua hari, di Aula Masjid Zona Madina Bogor, Jawa Barat pada Sabtu-Minggu (21-22/10).

Kategori peserta dimulai dari usia sekolah dasar, hingga menengah atas. 

Agenda tahunan KSJ ini dilaksanakan guna mengasah, melestarikan, dan mengembangkan budaya Nusantara, khususnya warisan tak benda Silat kepada para generasi penerus.

Hadir dalam kegiatan ini, tokoh masyarakat serta para pegiat budaya. Di antaranya, KH Ahmad Shonhaji selaku Direktur Layanan Sosial Dakwah Budaya Dompet Dhuafa, Deni Humaedi AS,S. IP,MM selaku Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bogor, Herman Budianto selaku GM Dakwah, Budaya, dan Lingkungan Dompet Dhuafa sekaligus Ketua Umum KSJ, dan para pegiat budaya guru besar lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Budpar Kabupaten Bogor menyampaikan apresiasi dan inisiatifnya untuk kolaborasi dalam pengembangan budaya silat.

“Kami sangat bangga dengan KSJ dalam pengembangan budaya silat dan insyaallah siap berkolaborasi dalam pengembangan silat,” ujar Deni.

Komitmen Dompet Dhuafa dalam melestarikan budaya sebagaimana yang disampaikan oleh KH Ahmad Shonhaji, Dompet Dhuafa melalui KSJ terus berusaha terbaik dalam pelestarian dan pengembangan silat untuk mencetak pesilat yang beriman takwa, berakhlak mulia, berprestasi, dan bermanfaat.

Dalam kesempatan yang sama, GM Dakwah, Budaya, dan Lingkungan Dompet Dhuafa sekaligus Ketua KSJ, Herman Budianto menyampaikan, Pencak silat merupakan salah satu metode dalam pendidikan anak yang baik. 

Memadukan banyak sisi, yaitu motorik, sensorik, dan juga spiritual. Sehingga anak dapat berkembang menjadi generasi tangguh, santun, dan berprestasi secara sportif. Pencak Silat sebagai solusi dalam ketergantungan dengan gadget yang mengubah dan melemahkan karakter dan fisik anak.

"Tentunya, kegiatan ini diharapkan untuk rutin diselenggarakan dengan pelaksanaan yang lebih baik. Pasalnya, silat sebagai budaya Nusantara yang diakui dunia, harus dijaga dan lestarikan bersama. Melalui Kampung Silat Jampang, Dompet Dhuafa mengajak seluruh pecinta budaya, khususnya silat agar terus kita jaga budaya Nusantara," ujarnya.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Berita Kerja Sama)