Dinas Damkar Bandarlampung tambah armada padamkan api di TPA Bakung

id Lampunb,TPA Bakung,Kebakaran,Damkar

Dinas Damkar Bandarlampung tambah armada padamkan api di TPA Bakung

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung sedang melakukan pemadaman api di TPA Sampah Bakung, di Bandarlampung, Jumat (13/10/2023). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Awalnya kami turunkan dua mobil pemadam kebakaran, tapi karena api membesar maka diterjunkan lagi dua armada, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, terus berupaya melakukan upaya memadamkan api di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Bakung yang telah berlangsung kurang lebih tiga jam.

"Laporan kebakaran di TPA Bakung kami terima pukul 17.50 WIB, dan hingga kini petugas masih terus berupaya memadamkan api di lokasi itu," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung Anthoni Irawan di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengungkapkan  armada yang diturunkan dalam upaya memadamkan kebakaran yakni lima mobil pemadam kebakaran dengan 18 personel.

"Awalnya kami turunkan dua mobil pemadam kebakaran, tapi karena api membesar maka diterjunkan lagi dua armada. Terakhir kami tambah satu mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di TPA Bakung," kata dia.

Menurut dia, kendala dalam pemadaman api di TPA tersebut karena lokasi titik api sulit diakses kendaraan sebab jalannya terbuat dari tumpukan sampah, sehingga petugas perlu mencari titik terdekat dengan api untuk memadamkannya.

"Dalam memadamkan api di lokasi TPA ini kami juga dibantu dua alat berat untuk membongkar tumpukan sampah yang di bawahnya ada api sehingga harus dipadamkan agar tidak terjadi kebakaran lagi," kata dia.

Ia mengungkapkan melihat situasi api seperti ini memang dalam memadamkan api akan sedikit memakan waktu yang lama.

"Kalau sebelumnya api tidak terlalu besar sehingga kami bisa langsung lokalisir, tetapi sekarang api sedikit besar dan titik kebakaran juga sudah menyebar maka untuk memadamkannya akan sedikit memakan waktu. Untuk sementara penyebab kebakaran masih kami dalami," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Budiman P. Mega mengatakan luas area yang terbakar di TPA sampah Bakung sekitar satu hektare.

"Untuk luas TPA Bakung sekitar 14 hektare dan yang terbakar sekitar satu Hektare," kata dia.

Peristiwa kebakaran terjadi di TPA Bakung di Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandarlampung, terjadi Jumat petang. Dari daerah permukiman warga, asap hitam terlihat mengepul dari TPA Bakung sejak sekitar pukul 17.30 WIB.