Eko Yuli kembali juarai SEA Games dengan modal ambil risiko

id Eko yuli irawan,eko yuli,angkat besi,sea games 2023,sea games kamboja

Eko Yuli kembali juarai SEA Games dengan modal ambil risiko

Atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan melakukan angkatan snatch pada perlombaan kelas 61 kilogram putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Eko Yuli berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 303 kilogram, dan berhasil memecahkan rekor di clean and jerk dengan angkatan 170 kilogram dari sebelumnya 169 kilogram. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Phnom Penh (ANTARA) - Atlet angkat besi (lifter) Eko Yuli Irawan mengatakan berani untuk mengambil risiko menjadi modalnya untuk mempertahankan gelar juara bertahan pada cabang angkat besi di SEA Games.

“Terus terang SEA Games ini perjuangan berat, karena di latihan saya tidak bisa jongkok, dan ada kendala di lutut selama dua bulan terakhir. Sempat jatuh, ada snatch (yang gagal), masih coba merasakan ada masalah apa tidak. Tapi mau tak mau hasil angkatan terakhir yang menentukan. Mau patah di atas pun lanjut. Ambil risiko dan alhamdulillah masih dapat (emas),” ungkap Eko saat ditemui di Stadion Nasional Olimpiade Kamboja, Sabtu.

Hal itu menyusul Eko yang berhasil memecahkan rekor pribadi sekaligus SEA Games pada babak final 61 kg putra di SEA Games 2023 Kamboja.

Eko sebelumnya sempat tertinggal dari para lifter dari negara-negara tetangga yakni John Febuar Mangurohan Ceniza dari Filipina dan Teraapat Chomchuen dari Thailand.

Lifter asal Lampung yang telah mengantongi empat medali di empat Olimpiade itu tidak berhasil melakukan dua angkatan di snatch, ia hanya mampu mengangkat 133 kg di upaya pertama.

Lebih lanjut pada clean and jerk, Eko mencatatkan rekor baru 170 kg.

“Mau apa risikonya saya ambil. Setelah ini saya tidak tahu nih bisa jongkok lagi apa enggak. Otomatis setelah ini saya istirahat dulu, memulihkan lagi lutut saya, supaya ke depannya lebih siap lagi,” kata Eko.

Manajer sekaligus pelatih tim atlet angkat besi Indonesia Muhammad Rusli menambahkan, Eko memiliki semangat juang yang tinggi meskipun sudah mengoleksi segudang pengalaman dari kompetisi ke kompetisi.

“Eko ini lifter legend. Dia memang semua sudah punya — power, pengalaman mumpuni. Fighting spiritnya pas terakhir tadi sudah nekat banget. Sudah yakin. (angkatan) 166 (kg) gagal dan coba ke 170 (kg) dia sangat yakin,” kata Rusli.

“Karena dia yakin, maka dilakukan dan kita berikan. Memang fighting spirit-nya luar biasa,” ujarnya menambahkan.