Kemenag Lampung minta jemaah calon haji manfaatkan perpanjangan pelunasan BIPIH

id Lampung,Bandarlampung,JCH,Haji,O8,Kemenag Lampung

Kemenag Lampung minta jemaah calon haji manfaatkan perpanjangan pelunasan BIPIH

Ilustrasi: Jamaah Haji asal Lampung menuju Asrama Haji. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Jika tertunda dan JCH tidak berangkat maka akan digantikan jamaah calon haji cadangan yang jumlahnya sebanyak 662 jamaah, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung meminta kepada jamaah calon haji (JCH) dapat memanfaatkan perpanjangan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) 1444 Hijriah dengan segera mengkonfirmasi untuk melunasinya.

"Pemerintah pusat telah ambil kebijakan pelunasan BIPIH diperpanjang hingga 12 Mei mendatang, maka saya imbau JCH segera manfaatkan kesempatan baik ini guna melakukan pelunasan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung Puji Raharjo saat dihubungi di Bandarlampung, Minggu.

Dia mengungkapkan data terakhir pada Jumat (5/5) JCH Lampung yang sudah melakukan pelunasan BIPIH berjumlah 6.500 orang dari 7.637 kuota yang dimiliki.

"Jadi hingga kini masih sekitar 1.137 JCH yang belum melunasi BIPIH dan konfirmasi ke kami," ujarnya.

Puji mengingatkan kembali, JCH yang tidak melakukan pelunasan dan konfirmasi BIPIH sampai batas waktu perpanjangan ini, statusnya akan menjadi jamaah tunda, sehingga kesempatan beribadah haji tahun ini akan menjadi gagal.

“Jika tertunda dan JCH tidak berangkat maka akan digantikan jamaah calon haji cadangan yang jumlahnya sebanyak 662 jamaah,” ujarnya.

Kanwil Kemenag itu juga menyebutkan pada tahun ini JCH Lampung paling banyak berasal dari Kota Bandarlampung dengan jumlah sebanyak 1.223 orang disusul oleh Kabupaten Lampung Tengah 1.094 jamaah dan Lampung Timur sebanyak 721 jamaah.

"Sisanya tersebar di 12 kabupaten dan kota lainnya di provinsi ini," kata dia.

Kuota haji Indonesia kembali normal yakni 221.000 orang. Kuota tersebut terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Untuk kuota jamaah haji reguler terdiri atas 201.063 jamaah, 685 pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), serta 1.572 petugas haji daerah (PHD).

Jamaah haji kloter pertama dijadwalkan akan mulai masuk asrama haji embarkasi pada 23 Mei 2023. Jamaah haji Indonesia secara bertahap akan diterbangkan ke Arab Saudi mulai 24 Mei 2023.