Kemenag Bandarlampung segera canangkan kampung moderasi beragama

id Lampung,Bandarlampung,Kemenag,Moderasi beragama

Kemenag Bandarlampung segera canangkan kampung moderasi beragama

Ilustrasi: Proses damai antara pengurus Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD) dan tokoh masyarakat melakukan perdamaian terkait persoalan yang terjadi Bandarlampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Bandarlampung segera mencanangkan kampung moderasi beragama guna merawat kerukunan antarpemeluk agama di kota setempat.

"Saat ini masih dalam masa persiapan dan mencari daerah mana yang memenuhi unsur untuk dijadikan kampung moderasi beragama di kota ini," kata Kepala Kemenag Kota Bandarlampung H Makmur, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan bahwa unsur yang harus dipenuhi dalam pembentukan kampung moderasi beragama di antaranya terdapat sejumlah agama yang diakui di Indonesia dalam satu daerah tersebut.

"Setelah disurvei oleh KUA nanti mereka mengajukan ke kami dan akan dilihat bagaimana rumah ibadahnya, kerukunannya seperti apa dan lain-lainnya," kata dia

Makmur mengungkapkan bahwa rencana pembentukan kampung moderasi beragama ini merupakan pilot projek pertama di Kota Bandarlampung.

"Kampung moderasi agama ini akan kami jadikan pilot projek pertama di Bandarlampung, bagaimana ke depan toleransi dan kerukunan antaragama berjalan di kota ini," kata dia.

Dia mengharapkan bahwa dengan terbentuknya kampung moderasi beragama ini, ke depan kampung-kampung lainnya di kota ini dapat mencontoh dan mengambil pelajaran bagaimana toleransi dan saling menghargai antarumat beragama dapat berjalan dengan harmonis.

"Ini juga merupakan salah satu ikhtiar kami dalam merawat dan merajut keberagamaan di kota ini," kata dia.