Polda Lampung siapkan 74 pos pengamanan Natal dan Tahun Baru

id Polda lampung, ops lilin krakatau 2022, natal, tahun baru 2022

Polda Lampung siapkan 74 pos pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polda Lamlung sediakan pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023. (Antaralampung/ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Polda Lampung menyiapkan sebanyak 74 pos pada pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang.

"Kami menjamin terselenggaranya perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 yang aman, tertib, dan lancar," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat memimpin apel gelar pasukan Ops Lilin Krakatau 2022 di Mapolda Lampung, Kamis.

Dia melanjutkan sebanyak 74 pos pengamanan tersebut di antaranya terdiri dari 56 pospam, 17 posyan, dan satu pos terpadu.

Pada Operasi Lilin Krakatau 2022, pihaknya melibatkan sebanyak 4.416 personel gabungan yang terdiri dari 183 personel Polda Lampung, 2.039 personel jajaran Polres dan Polresta, serta 1.924 dari personel pemangku kepentingan.

"Mudah-mudahan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang akan berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan bagi saudara kita yang merayakan," katanya.

Wiyagus menambahkan ada beberapa permasalahan yang terjadi di kawasan Pelabuhan Bakauheni pada Operasi Lilin Krakatau 2021 lalu. Antara lain tidak membeli tiket secara online sehingga mengakibatkan kemacetan.
 
"Oleh karena itu, Operasi Lilin Krakatau 2022 ini kami akan melakukan pengawalan secara estafet, pemeriksaan tiket, melakukan delay sistem di jalan tol, melakukan kanalisasi kendaraan roda dua, koordinasi bersama pihak pelabuhan, dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar membeli tiket secara online," katanya.

"Saya juga menghimbau agar masyarakat dapat memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan, melengkapi surat kendaraan, beristirahat yang cukup, dan tetap menjaga protokol kesehatan," katanya lagi.