40 anak KPM PKH Lamsel antusias ikuti pembinaan lanjut kuliah

id lampung, pkh, gerakan ayo kuliah, lamsel, jati agung, natar,pkm, lanjut kuliah, dinas sosial,Keluarga penerima manfaat , program keluarga harapan

40 anak KPM PKH Lamsel antusias ikuti pembinaan lanjut kuliah

40 anak KPM PKH Lamsel antusias ikuti pembinaan lanjut kuliah (ANTARA/HO-KPH)

Bandarlampung (ANTARA) - Gerakan Ayo Kuliah (GAK) bersama Pendamping Sosial PKH Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan melakukan kegiatan inovasi pembinaan lanjut kuliah bagi anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di balai Desa Marga Agung.

Risandi Koswara selaku Ketua Pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa giat kali ini di ikuti oleh 40 anak KPM PKH Kelas XII yang berasal dari Kecamatan Jati Agung dan sekitarnya. Mengangkat tema "Anak PKH: Semua Bisa Kuliah".

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan sarana edukasi dan motivasi anak KPM PKH potensial untuk lanjut kuliah di tahun 2023.

"Sengaja kami melakukan giat ini lebih awal, agar persiapan anak PKH lebih mantap. Rencananya kami akan melakukan tur ke-15 kabupaten/kota bersinergi dengan pemerintah daerah, dinas sosial, SDM PKH serta volunteer GAK,” kata Sandi.

Sementara, Bejo Sungkowo Korkab PKH Kabupaten Lampung Selatan menyambut baik giat kolaborasi ini. Ke depan digarapkan lebih baik lagi dan banyak anak PKH Lampung Selatan bisa kuliah.

"SDM PKH Lampung Selatan sangat aktif melakukan pembinaan seperti ini. Kami sudah beberapa kali melakukan giat seperti ini, dan terbukti efektif mendorong anak PKH lanjut kuliah,” kata Bejo.

Slamet Riyadi selaku Korwil PKH Provinsi Lampung 2 mengapresiasi giat ini. Semoga pembinaan ini terus lanjut, sehingga makin terbuka akses anak PKH untuk lanjut kuliah.

"Era 4.0 ini menuntut pemuda meningkatkan kompetensinya. Pemerintah wajib hadir dan mendukung anak bangsa, khususnya yang berasal dari keluarga prasejahtera lanjut kuliah,” pungkas Slamet.

Perlu di ketahui, berdasarkan data sebanyak 612 anak PKH Lampung berhasil lanjut kuliah sejak 2017 - 2022, sebagian besar mendapat dukungan KIP kuliah/bidikmisi.

Semoga di tahun 2023, jumlahnnya terus meningkat. Hal ini akan berdampak positif terhadap kualitas SDM keluarga PKH, akhirnya memutus mata rantai kemiskinan keluarga KPM PKH.

Selaras dengan kebijakan gubernur menuju Masyarakat Lampung Berjaya, tegas Slamet yang juga Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Multikultural DPD KNPI Lampung.