Usung nilai antikorupsi berani, roadshow bus KPK di Lampung dimulai

id lampung, prov lampung, kpk

Usung nilai antikorupsi berani, roadshow bus KPK di Lampung dimulai

Usung nilai antikorupsi berani, roadshow bus KPK di lampung dimulai (ANTARA/HO-Kota Metro)

Kami sangat apresiasi kehadiran KPK di tengah masyarakat kami, dan ke depan mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan baik sehingga pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan lebih optimal, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Road show Bus Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di kota keempat, yakni Kota Metro, Lampung.

Sebagai kota keempat, nilai Berani yang jadi nilai keempat dari 9 nilai antikorupsi KPK, jadi tema kegiatan di kota terbesar kedua di Lampung ini.

Hal ini disampailan Sekretaris Jenderal KPK Cahya H. Harefa saat memberi sambutan pada acara pembukaan kegiatan road show Bus Antikorupsi KPK di di Aula Kantor Wali Kota Metro Jalan AH. Nasution, Lampung, Selasa (20/9/22).

“Sebagai kota keempat dari rangkaian kegiatan road show ini, nilai Berani kami jadikan tema kegiatan. Berani dalam pengertian nilai antikorupsi KPK adalah suatu emosi seseorang yang melibatkan keinginan bertindak untuk mencapai tujuan menghadapi lawan, baik internal maupun eksternal,” kata Cahya.

Cahya melanjutkan, sikap berani akan membuat seseorang menghormati dirinya sendiri dan juga bertahan dalam tekanan-tekanan lingkungan untuk melakukan sesuatu yang membahayakan keselamatan mereka.

Nilai ini dalam pandangan KPK berarti juga keberanian menuntut diri agar bertindak tegas dan positif terhadap orang lain.

Cahya juga mengajak masyarakat Kota Metro untuk berani berpartisipasi dalam kegiatan road show KPK ini. Upaya pemberantasan korupsi perlu melibatkan berbagai pihak sesuai dengan kedudukan dan kapasitasnya masing-masing.

Masyarakat bisa berpartisipasi dengan banyak cara, di antaranya dengan melaporkan dugaan tindak pidana korupsi, atau memantau pelayanan publik. Sedangkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa berkontribusi dengan melaporkan penerimaan gratifikasi, membangun sistem dan manajemen antikorupsi serta melakukan kampanye dan pendidikan antikorupsi.

“Upaya penindakan saja tidak bisa tidak bisa dalam pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan dan pendidikan perlu dilakukan melalui membangun integritas, memperbaiki sistem, membudayakan antikorupsi dan meningkatkan peran serta masyarakat,” kata Cahya di depan puluhan peserta yang hadir.

Dalam meningkatkan peran serta dan melibatkan masyarakat, KPK menginisiasi program kampanye antikorupsi dengan road show Bus Antikorupsi KPK yang bertujuan membangun dan meningkatkan partisipasi publik dalam rangka pemberantasan korupsi.

“Selain itu, dalam upaya pemberantasan korupsi kita juga perlu melakukan berbagai strategi. Dengan adanya bus ini, bisa menjembatani proses edukasi dan kampanye tentang 9 nilai antikorupsi yang dikenalkan KPK kepada masyarakat. Nilai ini disingkat dengan JUMAT BERSEPEDA KK, yaitu Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sedehana, Peduli, Disiplin, Adil dan Kerja Keras,” ucap Cahya.

 Rangkaian Kegiatan Bus KPK di Kota Metro

Sementara itu Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin dalam pembukaan kegiatan roadshow menyambut baik kehadiran langsung KPK di tengah masayrakat Kota Metro.

“Kami sangat apresiasi kehadiran KPK di tengah masyarakat kami, dan ke depan mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan baik sehingga pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan lebih optimal,” katanya.

Dia berharap kerja sama antara KPK dan Pemkot Metro melalui kegiatan road show Bus Antikorupsi KPK ini dapat menumbuhkan kesadaran di lingkungan ASN Kota Metro dan menumbuhkan ASN berakhlak, yang memerangi tindak pidana korupsi sehingga dapat mewujudkan pemerintah Kota Metro yang bersih, akuntabel dan bebas korupsi.

“Semoga kedatangan KPK dapat memberikan motivasi agar kami memberikan penyelenggaraan pemerintahan yang paling baik di kota Metro, lebih lagi saat ini kami sedang berupaya memberikan tata kelola yang baik, membangun good governance dan berupaya menciptakan masyarakat yang madani,”ujar Wahdi.

Kegiatan Roadshow Bus Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi KPK berpusat di komplek Wisma Haji Al Khairiyah, Metro, Lampung selama dua hari mulai tanggal 20 hingga 21 Septermber 2022. Di lokasi kegiatan, masyarakat bisa mengikuti pameran pelayanan publik dari pemerintah, BUMD/BUMN dan usaha kecil menengah kota Metro. Masyarakat juga dapat mengunjungi Bus Jejah Negeri Bangun Antikorupsi dan mengikuti berbagai kegiatan soalisasi antikorupsi seperti pengenalan KPK secara lembaga dan media edukasi KPK berupa games, edukasi dan film.

Selain di Wisma Haji Al Khairiyah, berbagai kegiatan dilangsungkan secara paralel di berbagai tempat selama dua hari tersebut, seperti Sosialisasi Gratifikasi Aparatur Daerah Kota Metro, Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Kota Metro, serta Edukasi Antikorupsi untuk Satuan Pendidikan Kota Metro. Sosialisasi antikorupsi bagi anggota DPRD Kota Metro dan masyarakat dari berbagai lapisan usia mulai dari usia dini hingga tingkat pendidikan tinggi, juga akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Bus KPK di kota Metro