Selama Januari-Juli 2022, Seribu hektare lebih lahan di Riau terbakar

id karhutla riau,penanggulangan karhutla,kebakaran hutan lahan

Selama Januari-Juli 2022, Seribu hektare lebih lahan di Riau terbakar

Aparat kepolisian membantu memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Polres Meranti)

 Pekanbaru (ANTARA) - Luas lahan yang terbakar di wilayah Provinsi Riau selama Januari hingga Juli 2022 mencapai seribu hektare lebih menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Di Pekanbaru, Sabtu, Kepala Pelaksana BPBD Riau Edy Afrizal menyatakan bahwa selama Januari sampai Juli 2022 kebakaran meliputi total 1.060,85 hektare lahan di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berdampak paling luas di wilayah Kabupaten Rokan Hulu. "Selama tujuh bulan ini luas karhutla di Rokan Hulu mencapai 302 hektare," kata Edy.

Sementara itu, luas lahan yang terbakar di wilayah Kampar tercatat 139 hektare, Bengkalis 136 hektare, Rokan Hilir 147 hektare, Pelalawan 113 hektare, dan Indragiri Hilir 80 hektare.

Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Dumai (49 hektare), Meranti (32 hektare), Indragiri Hulu (31 hektare), Pekanbaru (13 hektare), Siak (13 hektare), dan Kuantan Singingi (0,50 hektare).

Edy mengatakan bahwa sepanjang Januari hingga Juli 2022 personel Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan operasi pemadaman di lokasi titik panas dan titik api.

"Akses menuju lokasi karhutla sulit dijangkau tim darat, kondisi angin kencang, dan sumber air yang juga sulit," kata Edy.

Meski demikian, dia mengatakan, selama melaksanakan operasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan anggota Satuan Tugas mendapati peningkatan kesadaran warga dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Edy mengemukakan bahwa selain kondisi cuaca, kegiatan manusia juga bisa memicu kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan warga agar tidak melakukan tindakan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seribu hektare lebih lahan di Riau terbakar selama Januari-Juli 2022