Petenis Rusia dilarang ikut Piala Davis dan Piala Billie Jean King

id Rusia,petenis rusia,Piala Davis,Piala Billie Jean King

Petenis Rusia dilarang ikut Piala Davis dan Piala Billie Jean King

Tim Federasi Tenis Rusia merayakan kemenangan di podium setelah berhasil memabawa pulang Piala Davis usai mengalahkan Kroasia dalam laga final di Madrid, Spanyol, Minggu (5/12/2021). ANTARA/REUTERS/Sergio Perez/aa. (REUTERS/SERGIO PEREZ)

Jakarta (ANTARA) - Rusia tidak dapat mempertahankan gelar Piala Davis dan Piala Billie Jean King, tetapi para pemainnya masih dibolehkan tampil dalam turnamen-turnamen Grand Slam dan turnamen-turnamen biasa.

Keputusan otoritas tenis itu diambil setelah Rusia menginvasi Ukraina pekan lalu. Belarus yang menjadi salah satu wilayah dari mana invasi yang disebut Rusia "operasi khusus" itu dilancarkan, juga dilarang mengikuti kompetisi beregu internasional.

"Badan tenis internasional bersatu dalam kecaman kami atas aksi Rusia," kata ATP, WTA, Federasi Tenis Internasional (ITF) dan Grand Slam dalam pernyataan bersama seperti dikutip Reuters, Rabu.

Menurut badan pengelola tenis dunia, petenis Rusia dan Belarus tetap dapat bermain dalam turnamen-turnamen elit ATP dan WTA Tours tetapi tidak bisa membawa nama atau bendera negara mereka.



Petenis putra nomor satu dunia Daniil Medvedev dan nomor enam Andrey Rublev mengantarkan Rusia mengalahkan Kroasia dalam final Piala Davis 2021 di Madrid pada Desember, sebulan setelah tim putri Rusia menjuarai  Piala Billie Jean King di Praha.

Otoritas tenis juga menangguhkan acara gabungan WTA-ATP Moskow yang dijadwalkan Oktober.

Tidak jelas apakah Rusia akan dibolehkan berkompetisi dalam Piala ATP berbasis tim di Australia. Rusia lolos ke semifinal turnamen ini pada Januari 2022  dan menjuarai edisi 2021.

ITF mengatakan telah menangguhkan keanggotaan Federasi Tenis Rusia dan Federasi Tenis Belarus dan menarik mereka dari semua kompetisi tim ITF hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Keputusan itu menyusul pembatalan ITF atas semua turnamen yang digelar di Rusia dan Belarus.