Kota Pekanbaru terus berupaya turun ke PPKM level 1

id pekanbaru, ppkm level 1, ppkm

Kota Pekanbaru terus berupaya turun ke PPKM level 1

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Kota Pekanbaru terus berupaya untuk turun ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 setelah beberapa hari lalu naik ke level 2 akibat ada ratusan kasus COVID-19 baru dan capaian vaksinasi.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Rabu, mengingatkan  tim Satgas Penanganan COVID-19 untuk mencapai dua indikator  agar daerah turun ke PPKM Level 1 yakni fokus penanganan COVID-19 selama PPKM Level 2 dengan menekan kasus aktif dan vaksinasi terutama kepada warga lanjut usia (lansia).

"Keduanya fokus kita pada PPKM Level 2 ini agar bisa mencapai target menuju PPKM Level 1," katanya.

Menurutnya, capaian vaksinasi bagi lansia yang masih rendah menyebabkan Kota Pekanbaru kembali naik dari PPKM Level 1 ke PPKM Level 2. Tim vaksinasi belum bisa mencapai target vaksinasi bagi lansia yakni 60 persen.

Capaian vaksinasi Pekanbaru saat ini baru 51 persen. Padahal untuk mencapai PPKM Level 1 jumlah lansia yang sudah suntik vaksin sebanyak 60 persen. Namun secara umum capaian vaksinasi COVID-19 mencapai 87,11 persen.

Kenaikan level ini juga karena terjadi penambahan kasus aktif selama PPKM Level 1. Penambahan kasus aktif berasal dari klaster satu sekolah swasta.

Firdaus juga memastikan bahwa pasokan vaksin masih tersedia di instalasi Farmasi Kesehatan Pekanbaru yakni jenis astrazineca, sinovac, moderna, dan pfizer untuk vaksin pertama dan kedua.

Wali Kota juga mengajak semua pihak ikut berupaya agar Kota Pekanbaru bisa kembali masuk ke PPKM Level 1 sehingga camat dan lurah untuk membantu peningkatan capaian vaksinasi bagi lansia.

"Tim vaksinasi dinas dan Puskemas bisa bekerja sama dengan pihak terkait dalam percepatan vaksinasi lansia di wilayahnya," paparnya.





 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022